Game Seru Yang Mendukung Cross-play (Xbox, PlayStation, Switch, PC)

Main game tentu lebih seru kalau bersama teman. Tapi bagaimana kalau temanmu tidak punya perangkat atau konsol yang sama? Tenang. Ada banyak game yang mendukung cross-play antar perangkat, baik konsol Xbox, PlayStation, Nintendo Switch, dan juga PC.

Apa itu Cross-play?

Game cross-play adalah permainan yang tersedia di beberapa platform sekaligus. Hal ini memberikan pemain keuntungan tersendiri.

Permainan seperti ini memberikan kesempatan pemain dari platform satu bermain bersama pemain lain dari platform lain. Misalnya kamu main di PlayStation, bersama teman yang main di PC. Hal ini tentu berlaku di game multiplayer.

Tidak jarang game seperti ini juga mendukung cross-progression atau cross-save. Artinya, ketika kamu main di perangkat dan menyimpan perkembangan permainan di satu perangkat, lalu meneruskannya di perangkat lain. Fitur cross-progression bisa hadir di game single-player maupun multiplayer.

Kelemahan dari sistem cross-play tentunya ada di kemampuan perangkat dan game bersangkutan. Bisa jadi fitur di perangkat satu lebih baik di perangkat yang lain atau ada kendala (bug) di perangkat satu yang tidak ada di perangkat lain.

Ketersediaan Cross-play

Kehadiran fitur cross-play biasanya dipengaruhi oleh perangkat itu sendiri. Baik perangkat lunak (sistem) dan perangkat keras (termasuk prosesor dan skema kontrol). Perbedaan standar dan ketersediaan dukungan ini sebelumnya menghalangi permainan lintas perangkat.

Sebagai contoh, sebelum tahun 2006, konsol game masih jarang yang mendukung koneksi internet. Tentunya kalau tidak ada internet, permainan lintas perangkat tidak mungkin terjadi.

Lalu dulu berbagai konsol juga cenderung memiliki sistem yang tertutup dan fokus pada menjual game eksklusif pada perangkat mereka.

Misalnya, walau PlayStation 4 sudah memungkinkan cross-play, namun Sony masih enggan membuka diri untuk hal itu, seperti kasus Fallout 76. Begitu pun Nintendo yang baru membuka permainan lintas perangkat lebih luas pada kehadiran Nintendo Switch.

Game Cross-play Seru

Sekarang sudah banyak game yang mendukung cross-play antar perangkat. Kami akan memilih beberapa yang memiliki dukungan perangkat luas dan tentunya seru buat kamu mainkan. Sebagian besar juga merupakan game PC gratis.

Apex Legends

apex legends gameplay screenshot

Apex Legends adalah salah satu game battle royale yang populer. Game ini hadir di Windows 10 (Steam dan Origin), PlayStation 4 dan 5, Xbox One dan Series X|S,juga Nintendo Switch. Bahkan versi Android dan iOS akan menyusul.

Brawlhalla

brawlhalla gameplay screenshot

Brawlhalla merupakan game pertarungan platformer yang unik dan banyak disukai. Game ini tersedia untuk Windows (Steam), PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch. Brawlhalla juga tersedia untuk Android dan iOS.

Call of Duty: Black Ops – Cold War

Call of Duty: Black Ops – Cold War adalah game FPS bertema perang dingin di awal tahun 80-an. Game ini merupakan generasi ke-6 seri Black Ops dan generasi ke-7 dari keseluruhan game Call of Duty. Call of Duty: Black Ops – Cold War hadir di Windows, PlayStation 4 dan 5, juga Xbox One dan Series X|S.

Dauntless

dauntless gameplay screenshot

Dauntless adalah sebuah game MMORPG dengan tema hunting dan monster slayer. Game ini hadir di Windows (Epic Games Store), PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Fortnite

Fortnite merupakan salah satu game battle royale yang unik karena unsur membangun (building) di dalamnya. Game ini sering menghadirkan cross-over tema dengan waralaba lain, seperti menghadirkan superhero Marvel. Fortnite hadir di Windows (Epic Games Store), PlayStation 4 dan 5, Xbox One dan Series X|S, Nintendo Switch, dan Android.

Genshin Impact

Genshin Impact adalah game action RPG yang luar biasa populer (terutama karena The Legend of Zelda: Breath of the Wild eksklusif untuk Nintendo). Game ini hadir di Windows, PlayStation 4, Android, dan iOS.

Rocket League

Rocket League adalah game sepak bola dengan kendaraan kompetitif multiplayer. Sebagai game kompetitif, Rocket League sangat populer. Game ini hadir di Windows (Steam dan Epic Games Store), PlayStation 4, dan Xbox One.

%d blogger menyukai ini: