Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

App Store Tunjukkan Game Yang Keluar Dari Apple Arcade

Anom Penulis

Apple kini menunjukkan game apa saja yang pergi meninggalkan Apple Arcade lewat bagian khusus di App Store. Walau game yang lepas dari layanan berlangganan itu sudah pernah terjadi, kini Apple lebih terbuka dengan informasi tersebut.

Apple Arcade adalah layanan untuk bermain game secara berlangganan. Dengan membayar secara rutin, kamu bisa memainkan semua game yang masuk dalam program ini dengan bebas.

popculture.id

Harga langganan Apple Arcade adalah Rp 69.000 / bulan, atau jika dengan program Apple One, yang paling murah adalah paket Individu Rp 115.000/bulan.

Jadi informasi soal game apa saja yang nantinya tidak tersedia lagi di program ini memang cukup adil. Karena bagaimana pun kita adalah pelanggan yang berhak tahu apa yang bisa kita dapat dan apa yang tidak.

Daftar Game Yang Meninggalkan Apple Arcade

Apple kini menunjukkan bagian khusus untuk game apa saja yang akan keluar dari layanan berlangganan ini. Misalnya di iPhone, kamu bisa melihatnya di halaman Arcade, lalu geser ke bagian paling bawah.

Saat artikel ini ditulis, ada 15 permainan yang akan meninggalkan Apple Arcade di App Store. Game tersebut adalah:

  1. Dread Nautical
  2. ATONE: Heart of the Elder Tree
  3. Towaga: Among the Shadows
  4. BattleSky Brigade: Harpooner
  5. Lifeslide
  6. Over the Alps
  7. Cardpocalypse
  8. VARIOUS DAYLIFE
  9. Dead End Job
  10. Spidersaurs
  11. EarthNight
  12. Spelldrifter
  13. Projection: First Light
  14. Don’t Bug Me!
  15. Explottens

Apa Yang Terjadi Dengan Permainan Itu?

Apple menjelaskan jika sebuah game keluar dari program Arcade, maka pemain masih punya waktu sampai dua minggu untuk memainkannya. Setelah itu, kamu akan menerima pemberitahuan kalau game bersangkutan tidak tersedia.

Apple juga menjelaskan bahwa pengembang game bersangkutan bisa menentukan apakah game tersebut akan tersedia di App Store atau tidak (secara umum, bukan di Arcade). Namun game tersebut bisa berbeda dengan versi yang sebelumnya ada di Arcade.

Kemudian, tergantung pula pada si pengembang, jika mereka menghadirkan game di App Store dan memungkinkan pemain memuat penyimpanan perkembangan game, maka kamu bisa meneruskan permainan sebelumnya.

Yah, kalau game tersebut bukanlah permainan yang populer, mungkin kamu bisa saja tidak peduli. Namun, jika itu termasuk game populer, tentu informasi yang lebih detil akan kita butuhkan.

Di sisi lain, jika game itu memang populer dan masuk dalam Apple Arcade di App Store, kemungkinan besar Apple tetap akan mempertahankan kontrak. Bukan begitu?


UPDATE — Soal penjelasan Apple

    %d blogger menyukai ini: