Game Netflix di iPhone Akan Hadir Secara Berbeda dari Android

Ambisi Netflix sebagai layanan gaming nampaknya memiliki hambatan di iPhone. Karena itulah game Netflix akan hadir secara berbeda di iPhone bida dibandingkan dengan di Android.

Netflix Games memang sudah meluncur di Android. Beberapa permainan bisa kamu nikmati dari beranda atau tab khusus game di aplikasi. Sementara itu, Netflix menyebutkan kalau kehadiran layanan itu di iOS akan menyusul.

Bukan tanpa alasan kehadiran Netflix Games di iOS akan menyusul. Alasannya cukup berat. Bagaimanapun Apple melarang aplikasi layanan game, terutama yang berlangganan, hadir di App Store.

Sehubungan dengan hal itu, beberapa layanan game seperti Xbox Cloud Gaming, Google Stadia, dan GeForce Now tidak bisa hadir secara langsung, namun harus lewat web app (aplikasi di website lewat browser). Epic Games juga bersengketa dengan Apple soal ini.

Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan kalau Netflix akan mengambil langkah berbeda untuk layanan game di iPhone.

netflix games

Jika di Android game bisa hadir di dalam aplikasi Netflix, untuk iOS game tersebut akan hadir sebagai game biasa di App Store. Jadi game di dalam aplikasi Netflix hanya akan bertindak sebagai launcher untuk membuka aplikasi game sebenarnya.

Ekosistem Apple yang tertutup membuat layanan gaming lain jadi tidak bisa berkembang di platform itu. Apalagi Apple juga punya Arcade sebagai layanan gaming. Sesuatu hal yang dinilai oleh banyak orang tidak adil (tidak kompetitif).

Memang saat ini game dari Netflix masih belum menarik. Tapi jika suatu saat ada game dari Netflix yang populer dan berpotensi memberi pendapatan besar pada perusahaan streaming itu, hal ini bisa jadi masalah di antara kedua belah pihak (seperti Fortnite di iOS).

Mark Gurman memprediksi kalau Netflix Games nantinya akan hadir di cloud dan bisa kita ikmati secara streaming. Nah, kalau benar begitu, apa yang akan terjadi dengan game Netfli di iPhone? Kita lihat saja nanti.

%d blogger menyukai ini: