Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

[Review] Game “Pokemon Unite” Belum Seindah Yang Dijanjikan

Anom Penulis

Sebagai sebuah game MOBA, “Pokemon Unite” menawarkan sesuatu yang unik. Sayangnya game ini belum berhasil memenuhi permainan kompetitif yang mengigit.

“Pokemon Unite” merupakan game MOBA dengan sistem yang unik. Alih-alih “sekedar” menyerang basis musuh, kita harus mencetak gol dengan poin hasil dari mengalahkan Pokemon liar yang tersebar di arena.

Para pemain bisa memilih satu Pokemon untuk dimainkan. Masing-masing Pokemon memiliki tipe dan fungsinya sendiri, dan kita bisa menambahkan skill sehingga bisa memainkannya sesuai gaya dan strategi yang kita kembangkan.

Sebelum rilis resmi, game ini cukup banyak dinanti. Ketika rilis, tidak sedikit yang langsung mencicipinya. Namun, sekali lagi, sayangnya sebagai game MOBA yang kompetitif, “Pokemon Unite” masih belum memuaskan. Setidaknya sampai artikel ini ditulis.

Oya, saya main “Pokemon Unite” pakai ponsel ROG Phone (gen 1) dan iPhone 8 Plus. Lalu, koneksi saya juga cukup baik. Bisa dipakai main “Fall Guys” secara streaming dengan Steam Link dari laptop dengan lancar (koneksi berjalan 2 kali dari online ke laptop dan laptop ke ponsel).

Masalah Yang Mengganggu

Premis yang diberikan oleh game ini sebenarnya menarik. Mekanisme permainan yang berbeda dari game MOBA lainnya pun secara umum juga seru. Namun ada beberapa hal yang mengganggu.

Ranking System

“Pokemon Unite” memakai sistem menang kalah untuk menentukan ranking pemain. Jika menang, pemain akan naik satu peringkat, dan jika kalah akan turun satu peringkat. Misalnya dari Expert Class 3 x2 naik jadi x3, begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya sistem ini tidak terlalu salah. Masalahnya, walau kamu bermain mati-matian, mencetak banyak poin, mengalahkan banyak musuh, dll, semua itu tidak berarti kalau rekan satu tim payah dan tim kalah/menyerah. Kontribusimu di dalam pertandingan tidak dihitung. Kamu pun turun peringkat.

skor game pokemon unite setelah pertandingan

Sistem ini juga memungkinkan pemain yang kurang jago numpang beken. Sehingga mereka bisa punya ranking cukup tinggi dengan bersandar pada pemain lain. Yang membawa kita pada….

Matchmaking

Masalah ranking itu diperburuk dengan sistem matchmaking yang juga kurang adil. Kalau kamu cukup bagus bermain, kemungkinan besar kamu harus membantu (carry) pemain lain yang masih baru atau kurang bagus (mungkin malah dapat bot) pada match berikutnya (atau kamu yang dibantu). Ini membuat pengalaman bermain dengan kerja tim yang oke jadi jarang.

Kemudian, kalau kamu cukup bagus bermain dalam satu atau dua pertandingan, kemungkinan besar kamu bisa bertemu dengan tim yang jauh lebih kuat. Bisa juga sebaliknya. Sehabis kalah, kamu bisa bertemu lawan yang mudah. Sehingga pertandingan berjalan tidak seimbang.

Mungkin sebenarnya hal ini bisa jadi sesuatu yang baik. Tapi di sini perbedaan antar tim bisa cukup jauh. Sehingga terasa tidak wajar.

Hadiah dan Hukuman

Sejauh ini, “Pokemin Unite” tidak memberikan hadiah (reward) atas pemain yang berjasa. Seperti yang menjadi MVP, yang membawa (carry) tim menjadi pemenang, atau bahkan berjasa pada tim walau kalah (misalnya kamu buat skor 100, sementara yang lain cuma 10).

Sementara itu, juga tidak ada hukuman untuk pemain yang tidak memberi kontribusi dalam pertandingan. Yah, paling mentok kita buat melaporkan (report) atau blokir (block). Blok pemain pun ada batasnya.

Lalu kalau kamu berhenti main (karena jengkel alias rage quitting) β€” walau kamu mencetak skor tinggi sementara anggota tim 0 β€” kamu tetap mendapat pengurangan poin Fair Play. Jadi kamu tetap harus bersabar dan membuang waktu untuk main dengan tim yang sudah pasti kalah (dan ranking-mu bakal turun).

Koneksi/Login

Masalah lain yang sering muncul adalah koneksi/ping yang sering drop. Hal ini menyebabkan lag dan frame melompat. Satu saat kita sedang berjalan di satu tempat, sesaat kemudian sudah berpindah ke tempat lain, dan parahnya diserang musuh, kemudian mati. Tidak jarang hal ini juga menyebabkan kontrol tidak responsif.

Selain itu, ada pula masalah login expired. Seringkali terjadi ketika pertandingan mau mulai (setelah kita memilih Pokemon beserta held dan battle item). Sehingga kita harus mengulang proses login, dan masuk ke arena dengan terlambat.

masalah login game pokemon unite

Balancing Pokemon

Menurut saya, penerapan skill pada para Pokemon ini cukup aneh. Venusaur (attacker) dan Crustle (defender), misalnya, punya skill yang membuat mereka bergerak cepat melebihi speedster. Speedster sendiri, yang seharusnya lebih seperti ninja melakukan jungling, menyergap, atau mencetak skor, memiliki kekuatan attack tinggi sehingga bisa sendirian mengalahkan musuh.

Yah, saya sendiri sering memakai Crustle sebagai speedster atau all-around yang bergerak sana-sini dan mencolong kesempatan mencetak skor. Walau hal ini bisa berguna jika pemain memang kreatif memanfaatkan skill dan items, tetap saja kurang tepat dengan fungsi asalnya dan sulit menduga bagaimana rekan satu tim atau musuh akan bermain.

Kontrol dan Bidikan

Yah, kontrol di game ini juga kurang memuaskan. Seringkali kurang responsif (entah karena ping drop atau apa). Hal ini tentu menyebabkan aksi jadi terlambat (misalnya mengaktifkan item untuk speed atau heal).

Lalu entah bug atau bukan, kadang proses mencetak gol sering batal walau tidak ada musuh (saya memilih setelan tekan tombol sekali, bukan tekan dan tahan). Jadi kadang harus mengulang proses, padahal musuh sudah datang menyerang.

Bidikan juga punya masalah tersendiri. Seringkali saat kita bertempur dengan musuh dan ada Pokemon liar di samping, serangan bisa justru mengarah ke sana, padahal musuh lebih dekat atau lebih lemah. Sehingga kesempatan membunuh musuh bisa hilang dan justru kita yang mati.

“Pokemon Unite” Sebenarnya Menyenangkan

Sebenarnya “Pokemon Unite” adalah permainan yang menyenangkan. Kita bisa bereksperimen dengan strategi dan gaya bermain. Lalu durasi permainan yang relatif sebentar juga tidak membuat kita lelah. Pas sebagai hiburan.

Namun jika kamu berusaha naik ranking dan bermain solo, game ini bisa jadi mimpi buruk. Apalagi kalau kamu sudah mencapai ranking Expert ke atas. Kalau kamu tidak punya teman yang oke untuk diajak main bareng, kamu akan sulit naik ranking.

Sungguh sayang. Padahal game ini membawa nama besar Pokemon. Permainannya pun cukup unik. Namun, sekali lagi, game “Pokemon Unite” belumlah seindah yang dijanjikan. Review dan rating buruk pun cukup banyak muncul di Play Store dan App Store.

Tapi kalau kamu cuma sekedar mau main tanpa memikirkan ranking, matchmaking, dll. Ya game ini tetap menyenangkan kok.

remoat stadium pokemon unite
Pokemon Unite
Belum Memuaskan
"Pokemon Unite" sebenarnya merupakan game yang menyenangkan, jika tidak ada masalah matchmaking, sistem ranking, dan masalah teknis yang menggangu.
PROs
Pokemon
CONs
Ranking System tidak memuaskan
Matchmaking kacau
Kemampuan Pokemon tidak seimbang
Kontrol sering kurang responsif
Masalah koneksi dan login
2
Meh
    %d blogger menyukai ini: