Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Pembajakan sekarang ini bukan menjadi masalah sepele lagi, khususnya untuk game PC. Sekarang mungkin kamu menyadari kalau developer lebih banyak merilis game di konsol, kan? Ya karena pembajakan pada game konsol lebih rendah dan lebih mudah diurus daripada game PC.

Para gamer pirate juga tidak bisa disalahkan karena memainkan sebuah game versi bajakan karena berbagai macam alasan seperti tidak ada uang karena game tersebut terlalu mahal di negaranya, region locked, atau tidak adanya akses untuk membeli game tersebut secara digital karena versi fisik yang semakin langka, atau hanya sekedar menjadi orang “bodoh” dan tidak mau memberikan support ke developer.

[irp posts=”47916″ name=”Beli PS4 FAT Sekarang Masih Layak? Berikut Alasannya”]

Namanya juga game ilegal, pasti punya resiko tersendiri disaat memainkan atau mendownloadnya. Tapi kalau pembajak game akut, kadang tidak terlalu peduli dengan resiko tersebut selama masih bisa main. Nah dibawah ini ada 6 hal yang hanya gamer pirate yang tahu sakitnya:

Terkena Virus, Malware, Trojan, dan lainnya

Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Hal pertama yang paling sering dirasakan oleh gamer pirate adalah virus. Mereka pasti sering mencari link download di sembarang website yang tidak terpercaya padahal banyak virus didalamnya.

Mereka mungkin bisa memainkan game secara gratis setelah selesai mendownloadnya, tapi mereka juga tidak akan tahu kapan PC-nya akan mati mendadak atau yang lebih parah, privasinya dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Khusus sekarang ini, lagi nge-hits dengan Trojan Bitcoin Miner yang ada didalam file game. Jadi disaat kamu menjalankan file game tersebut, GPU dan CPU kamu secara diam-diam akan digunakan untuk menghasilkan bitcoin untuk si pelaku yang membuat performa PC menjadi turun dan jauh lebih buruk dari biasanya. Seram!

Musik dari Keygen yang mengganggu

Ceritanya kamu sudah selesai instal game yang download versi bajakan, nah kamu lanjut ingin mencari Activation Code yang ada di file Keygen. Disaat membuka file Keygen, kamu menjadi kaget setengah mati karena backound pada file tersebut yang sangat nyaring. Pernah?

Apalagi kalau kamu sedang memakai headset murahan disaat membuka file Keygen tersebut, bisa-bisa kuping kamu kesakitan karena musiknya yang nyaring dan langsung sibuk mencari tombol mute di file tersebut.

Sebenarnya ini sedikit subjektif, beberapa orang mungkin ada yang senang mendengar musik nyaring seperti ini. Tapi menurut saya, musik ini sangat mengganggu disaat saya download game bajakan. Eh ketahuan, deh. ????

Tidak ada fitur Online dan Multiplayer

Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Wajar kalau tidak bisa memainkan fitur online atau multiplayer di game yang diperoleh dengan cara membajak padahal seharusnya dibeli terlebih dahulu.

Inilah alasan kenapa developer sekarang ini senang sekali dengan mode multiplayer pada game mereka, selain karena trend tersebut disukai banyak orang, mode multiplayer juga hanya bisa diakses oleh gamer yang membeli gamenya. Jadi meminimalisir pembajakan.

Meskipun ada crack untuk fitur multiplayer game, tapi prosesnya pasti merepotkan dan bertele-tele. Dan kalau ketahuan oleh pihak developer, server bajakan tersebut pasti langsung di-shutdown oleh developer.

Server Download mati sebelum download selesai

Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Kalau kamu membeli game secara resmi, pasti tidak akan takut nantinya ada masalah dalam proses download, kamu cukup klik-klik terus download, dan soal instalasi game pasti diurus sendiri oleh DRM.

Berbeda untuk gamer bajakan, mereka akan diberi tantangan sedikit. Sebelum mendownload game, biasanya gamer pirate disibukkan dengan konten iklan yang mengganggu sebelum akhirnya menemukan link download yang sebenarnya.

Hal selanjutnya, server link download tersebut bisa mati kapan saja karena masalah copyright. Biarpun download game tersebut sudah 80% atau malah 98%, disaat servernya mati ya download tidak bisa dilanjutkan. Kebanyakan dari link download tersebut tidak bisa di resume di IDM, jadi kalau di pause downloadnya, ya harus mulai dari awal. Sedih.

Download di Torrent yang Leech-nya lebih banyak dari Seed

Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya

Nah ini untuk kamu yang suka download game bajakan atau software lainnya menggunakan torrent, istilah seed dan leech mungkin sudah tidak asing lagi. Semakin banyak jumlah seeder, pasti torrent file tersebut akan lebih cepat.

Karena sistem torrent tidak sama seperti sistem server download biasa. Kamu bukan mendownload dari sebuah server, melainkan dari pengguna lain yang punya file yang sama di PC mereka.

[irp posts=”47938″ name=”Game-Game yang Memiliki Pesan Misterius!”]

Semakin banyak jumlah leecher di file torrent, maka file tersebut semakin lama disaat kamu download. Hal tersebut pasti ada pada game yang baru dibajak dan baru ada di website torrent. Para gamer pirate saling rebutan untuk mendapatkan file tanpa mau melakukan seeding. Jangan seperti itu ya, apalagi disaat kamu punya speed internet yang cukup dewa karena “With great power comes great responsibility, Seeds the torrent!”

Dari persoalan diatas, kamu pernah merasakan yang mana? Mulai sekarang, yuk kita pindah dari gamer pirate menjadi gamer legal dengan cara membeli game original. Sekalian support developer dan publisher agar mereka membuat konten game yang makin bagus.