Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Kocak! Google Jepang Bikin Keyboard Gboard Bar Buat Jadi Tongkat Hiking

google jepang gboard bar
Contoh Pemakaian Gboard Bar (Sumber: Google Blog Japan)
Indri Penulis

Google Jepang baru-baru ini bikin “Gboard Bar.” Sebuah keyboard super panjang yang juga bisa dipakai jadi tongkat hiking. Cek di sini buat lihat gimana bentuknya!

Kebanyakan orang tentu akrab banget sama keyboard QWERTY berbentuk persegi panjang, dengan susunan tombol huruf dibikin acak untuk memperlambat pengetikan dan kemacetan pada tuts/tombol. Gimana tidak, keyboard model ini dipakai di hampir semua laptop dan smartphone.

Tapi kamu pernah bayangkan nggak sih, ada keyboard dengan desain memanjang horizontal plus keyboard-nya juga disusun secara horizontal?

Ternyata beneran ada lho keyboard dengan desain seperti itu. Baru-baru ini Google Jepang mengumumkan bahwa mereka berhasil bikin “Gboard Bar,” sebuah keyboard dengan desain dan papan ketik yang disusun full horizontal.

Desain “Gboard Bar” Bikinan Google Jepang

Yak, seperti inilah penampakan keyboard Gboard Bar yang panjangnya seperti ‘janji manis mantan.’ Hehehe. Keyboard sepanjang 1650mm ini dirancang sedemikian rupa agar penggunanya bisa menemukan tombol yang mereka cari lebih cepat dari keyboard QWERTY biasa.

Gboard bar dari Google Jepang
Desain Gboard Bar (Sumber: Google Blog Japan)

Sementara itu, ternyata ada inspirasi khusus kenapa Google Jepang akhirnya bikin Gboard Bar. Inspirasi tersebut datang dari fakta bahwa selama bertahun-tahun, kebanyakan orang cuma fokus pada kata ‘key’ dalam kata ‘keyboard,’ dan nggak pernah benar-benar melangkah lebih maju.

Fyi dalam bahasa Jepang sendiri, kata keyboard diterjemahkan menjaadi ‘kii-bou-do.’ Jadi kata ‘kii’ atau ‘key’ mendapat banyak perhatian. Nah sekarang dalam perangkat terbarunya itu, Google Jepang ingin lebih fokus ke bagian ‘bou’ atau ‘board,’ yang kalau diterjemahkan jadi ‘membungkuk.’

Dengan inspirasi tersebut, terciptalah Gboard Bar dengan desain keyboard yang benar-benar baru. Jika dibandingkan dengan keyboard tradisional, Gboard Bar menempatkan semua tombol keyboard dalam satu garis lurus.

Baca Juga:  Google Kembangkan Fitur Pendeteksi Batuk & Dengkuran Bawaan untuk Android

Menurut Google Jepang, desain keyboard seperti ini bisa meminimalkan kebutuhan untuk melihat ke segala arah seperti pada keyboard tradisional. Pengguna bisa mulai dari tombol pertama, kemudian menelusuri setiap tombol yang tersedia sampai menemukan tuts yang dicari.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya Google Jepang bikin keyboard anti-mainstream lho. Selama beberapa tahun terakhir, Google Jepang pernah bikin beberapa desain keyboard unik.

Berbagai desain Gboard unik dari Google Jepang
Desain Gboard Unik (Sumber: Google Blog Japan)

Seperti yang tampak dalam gambar di atas, ada keyboard dengan desain seperti tabung/gelas. Terus ada juga keyboard mini dengan ukuran tombol cukup jumbo, dll.

Aneh Tapi Fungsional Banget

Jujur saja menurut saya, desain Gboard Bar benar-benar aneh sekaligus unik. Namun terlepas dari desainnya yang anti-mainstream, keyboard ini diklaim bisa bikin badan lebih sehat lho.

Google Jepang mengklaim desain keyboard-nya yang ergonomis, memungkinkan lengan dan kaki pengguna meregang secara alami saat mengetik. Nggak cuma itu, saat menggunakan keyboard ini, mau tidak mau fisik pengguna bakal meregang dan konon bisa membantu memanjangkan ukuran fisik pengguna.

Gboard Bar untuk Mematikan/Menghidupkan Sakelar (Sumber: Google Blog Japan)

Nggak cuma itu, buat orang yang suka hiking, keyboard ini juga bisa membantu lho. Serius, Google Jepang mengatakan kalau keyboard-nya bisa dijadikan tongkat hiking. Selain itu karena bentuknya yang panjang banget, keyboard ini juga bisa dipakai jadi panggaris buat mengukur sesuatu lho. Oya buat yang suka menangkap ikan, keyboard ini juga bisa dipakai buat jadi tongkat jaring ikan lho.

Gboard Bar untuk Tangkap Ikan (Sumber: Google Blog Japan)

Oya selain mudah dipakai, cara membersihkan keyboard ini juga sangat gampang dibersihkan. Pengguna cuma perlu satu lap panjang untuk membersihkan tongkat eh maksudnya keyboard ini.

Baca Juga:  Google Bereksperimen untuk Deteksi Penyakit Diabetes & Kolesterol Via Kamera Ponsel

Pertanyaannya, apakah keyboard ini dijual? Hahaha sayangnya tidak. Walaupun keyboard ini punya halaman Github-nya sendiri, tapi Google Jepang saat ini mengatakan kalau mereka tidak punya rencana untuk memproduksi massal keyboard-nya itu. Hanya saja mereka sedang mempertimbangkan versi keyboard dengan emoji, dan juga model gaming dengan lampu LED.

Wkwkwwk, sayang banget Google Jepang nggak jual Gboard Bar. Padahal kalau dijual secara massal, lumayan lho. Bisa dijadikan tongkat hiking juga! Nah kalau kamu punya Gboard Bar, kira-kira mau kamu pakai buat apa keyboard tersebut selain untuk mengetik?