Wow, Begini Penampilan Gboard Foldable Phone / Ponsel Layar Lipat

Indri Penulis

Widih.. penampakan Gboard foldable phone atau yang buat ponsel layar lipat tersebar di internet. Seperti inilah penampilannya yang unik.

Mengetik di ponsel layar lipat jelas akan lebih mudah karena ukuran layarnya yang lebih besar. Tapi untuk mencapai tingkat kenyamanan yang ‘sebenarnya,’ dibutuhkan keyboard mode split supaya lebih ergomomis.

Sayangnya nggak semua orang suka Samsung Keyboard (keyboard bawaan di ponsel Samsung). Justru mayoritas pengguna ponsel Samsung malah lebih menyukai Gboard bikinan Google.

Kabar baiknya buat kamu pengguna ponsel layar lipat, beberapa waktu lalu Google dilaporkan tengah mengembangkan mode split ke Gboard.

Kini dilansir dari SAMMOBILE, mode tersebut kabarnya sudah aktif. Pengguna ponsel Samsung Galaxy Fold, Galaxy Z Fold 2, dan Galaxy Z Fold 3 yang sebelumnya sudah menginstal Gboard versi beta, sekarang sudah bisa mencoba keyboard mode split.

Opsi untuk mengaktifkan mode ini bisa diakses lewat menu pengaturan keyboard, atau melalui bilah shortcut yang ada di keyboard.

Jadi seperti inilah penampakan Gboard foldable phone, alias Gboard yang ‘benar-benar’ didesain khusus buat ponsel layar lipat. Saat mode split diaktifkan, beberapa tombol akan dipisah menjadi dua bagian. Ada sebagian tombol yang berada di sisi kiri layar, dan ada juga sebagian tombol yang berada di sebelah kanan layar.

Untuk lebih detilnya (dikutip dari 9to5google), mode terbaru ini membagi tombol menjadi dua, dengan lima tombol di setiap sisi dalam baris pertama. Tombol ‘G’ dan ‘V’ juga digandakan di kedua sisi. Sementara itu, di baris paling bawah kamu bisa lihat tombol spasi panjang yang membentang di celah-celah tombol kecil.

Sedangkan menurut tim Rboard Themes, split keyboard ini lebih ditujukan untuk perangkat layar lipat ‘khususnya tampilan persegi’ dan bukannya tablet. Tapi kemungkinan desain semacam itu juga akan hadir untuk tablet, mengingat Google sepertinya punya minat ke situ.

Tapi sekali lagi, mode split keyboard belum tersedia secara luas ya, alias belum resmi diluncurkan. Hanya saja sebagian pengguna ponsel layar lipat yang saya sebutkan di atas sudah bisa mencoba mode ini. Tidak menutup kemungkinan akan perubahan visual antara tampilan mode split yang sekarang, dengan versi akhir saat peluncuran.

    %d blogger menyukai ini: