Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Glisten: Aplikasi To Do List Unik

Anom Penulis

Ada banyak aplikasi to do list di marketplace Windows Phone. Beberapa memiliki desain yang keren, fungsi yang lengkap dan rating yang baik. Salah satu di antaranya Glisten, sebuah aplikasi to do list yang unik. Kenapa unik? Karena Glisten memanfaatkan gerakan swipe sebagai fungsi navigasi utamanya.

Fitur Glisten
  1. Menggunakan gestur swipe dengan animasi keren
  2. Membuat kategori list dan membuat catatan/list di dalam kategori list
  3. Menyusun prioritas dari atas (paling penting) ke bawah
  4. Menambah catatan baik di atas (paling penting), di bawah (kurang penting) atau di sela-sela.
  5. Catatan bisa ditandai sebagai complete task, diaktifkan kembali dari complete task, atau dihapus.
  6. Introduction (tutorial)
  7. Sound effect

Yang pertama kali menarik perhatian dari aplikasi ini adalah desainnya. Tampilannya sangat minimalis. Yang bikin keren, listnya ditampilkan dengan gradasi warna dari poin yang paling penting sampai ke tidak penting. Untuk di kategori list, warnanya adalah biru muda ke biru tua. Sedangkan di list di dalam kategori tersebut berwarna kuning ke merah. Tulisannya juga mudah dilihat (warna putih).

popculture.id

Tentu saja, desain minimalis ini membawa pertanyaan, bagaimana menjalankannya? Ya, karena tidak terlihat tombol-tombol fungsi di sana. Seperti yang sudah kami sebut di atas, aplikasi Glisten ini memanfaatkan gestur secara optimal. Gerakan swipe atas-bawah, kiri-kanan, kanan-kiri, pinch, holddrag, dll memiliki fungsi yang berbeda. Untuk penggunaan pertama kali, memang butuh adaptasi. Untungnya, ada list introduction yang memberikan tutorial gestur apa saja yang digunakan oleh aplikasi ini.

Animasinya juga halus dan menarik. Sejauh yang kami coba, tidak ada masalah. Efek suara saat melakukan sebuah gestur sebenarnya menarik. Hanya, kok agak terlalu kecil ya volumenya.

Oke, aplikasi memang keren. Hanya saja ada sedikit ganjelan. Kalau kalian pernah melihat aplikasi to do list Clearer, maka kalian akan melihat kalau aplikasi tersebut sangat mirip dengan Glisten. Faktanya, Clearer sudah dirilis terlebih dahulu daripada Glisten.

Kalau Clearer tidak menyediakan versi trial, aplikasi Glisten menyediakan versi trial dengan beberapa batasan. Kategori list hanya diijinkan sebanyak 3 buah, dan list diijinkan sebanyak 11 buah. Kalau berminat membelinya, Glisten bisa didapat di region Indonesia dengan harga Rp8.550. Glisten berjalan di Windows Phone 7.x dan Windows Phone 8.

    %d blogger menyukai ini: