Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Susul YouTube, Gmail Tembus 10 Miliar Unduhan di Android!

Indri Penulis

Selamat! Gmail resmi tembus 10 miliar unduhan di Android. Kini Gmail resmi menyusul Google Play, YouTube dan Google Maps dalam pencapaian yang serupa.

Gmail tentu bukan aplikasi baru bagi banyak orang. Aplikasi ini sudah ada sejak bertahun-tahun lalu, dan aplikasi ini juga telah diandalkan oleh miliaran orang, entah untuk mengutak-atik email kerja atau pribadi.

Baru-baru ini, aplikasi email sejuta umat itu telah berhasil mengukir sejarah baru. Dilansir dari 9to5Google, Gmail kini resmi menembus 10 miliar unduhan di Android. Tentu ini adalah prestasi yang sangat memukau, apalagi 10 miliar bukanlah angka yang kecil.

Sebenarnya kalau ngomongin soal aplikasi email bikinan Google, nggak cuma Gmail saja. Dulu Google juga sempat meluncurkan aplikasi Inbox by Gmail di tahun 2015. Sayangnya empat tahun setelah diluncurkan, aplikasi tersebut justru ditutup. Orang-orang nyatanya masih lebih suka Gmail daripada aplikasi email lainnya.

Sementara itu, nggak bisa dipungkiri, Gmail sendiri boleh dibilang sebagai aplikasi email ‘paket lengkap.’ Selain fitur utamanya untuk membuat, menerima dan mengirim email ke orang lain, Google juga mempersenjatai Gmail dengan sederet fitur unik. Katakanlah seperti fitur untuk menunda pengiriman email, Smart Replay, notifikasi email prioritas, dll.

Tak hanya itu, Gmail sekarang juga bisa dipakai untuk melakukan video call langsung dari dalam aplikasi melalui Google Meet (jadi makin betah pakai Gmail kan?).

Dari sederet fitur-fitur menarik di atas, rasanya nggak heran kalau Gmail akhirnya berhasil menembus angka 10 miliar unduhan di perangkat Android.

Di sisi lain, Gmail bukan aplikasi Android pihak pertama yang mencetak rekor ini. Rekor ini pertama kali diraih oleh Google Play pada awal tahun 2020, diikuti oleh YouTube pada musim panas 2020, dan Google Maps pada November 2021.

Hm, kira-kira siapa lagi yang bakal bergabung ke geng “10 miliar unduhan Android” ini ya?

    %d blogger menyukai ini: