Google Meet Ada di Aplikasi Gmail dan Duo Versi Web Dukung 32 Orang

google duo web

Demi mengejar kepopuleran Zoom, Google menambah fitur baru di dua aplikasi video call miliknya. Google Meet kini hadir di aplikasi Gmail, dan Duo versi web kini mendukung sampai 32 orang.

Di awal masa pandemi, Zoom meningkat kepopulerannya sebagai aplikasi konverensi video. Kepopuleran ini membuat berbagai layanan aplikasi besar kebakaran jenggot. Salah satunya adalah Google.

Raksasa teknologi ini kemudian terus menambah fitur aplikasi miliknya, Google Meet dan Duo. Salah satunya, membebaskan Google Meet menjadi aplikasi gratis. Google pun terus menambah jumlah peserta video call di Duo, mulai dari 4 sampai lebih dari 12 orang.

Google Meet di Aplikasi Gmail

Sebagai aplikasi yang menjadi bagian dari layanan profesional G Suite, Google Meet memang lebih ditujukan pada para profesional. Dengan begitu berbagai fiturnya pun lebih banyak yang mendukung kerja kolaborasi.

Sebelum ini, Google Meet memang sudah hadir di aplikasi Gmail di Web. Tepatnya di bagian kiri (sidebar). Kini, Google Meet juga hadir di aplikasi Gmail untuk Android dan iOS (iPhone dan iPad).

Google Meet di Gmail (Android/iOS)

Penambahan fitur ini membuat pengguna bisa lebih mudah bergabung di video call hanya dengan menekan tautan yang ada di email. Selain itu, nantinya para pengguna juga bisa melihat jadwal rapat atau konverensi online di aplikasi Google Kalender. Prinsipnya sama, bisa langsung bergabung dengan video call yang terjadwal.

Google Duo Versi Web Mendukung 32 Orang

Untuk pertemuan online yang sifatnya lebih santai, tentu kamu akan lebih sering memakai Google Duo. Walau termasuk masih muda, Duo sudah dianggap sebagai salah satu aplikasi video call terbaik.

Sebelum ini, fitur Google Duo di aplikasi web memang belum seimbang dengan yang ada di smartphone. Namun Google secara perlahan mebambah fitur dan menyeimbangkannya.

Google Duo di web kini sudah mendukung peserta sampai 32 orang. Lalu juga sudah mendukung tampilan video banyak secara berjejer. Mirip seperti Zoom. Fitur ini sudah hadir seiring update browser Chrome versi 83.

Google Duo di web

Penambahan jumlah peserta dan dukungan tampilan seperti ini tentu akan lebih memudahkan pengguna. Layar komputer atau laptop jelas lebih besar dari smartphone. Jadi kamu bisa ngobrol dengan lebih enak sambil melihat semua wajah teman atau keluargamu.

Jadi kalau mau ngobrol rame-rame silakan coba. Sekedar perbandingan, aplikasi Duo di smartphone hanya akan menampilkan sampai 12 orang secara berjejer mengingat layar yang kecil.

%d blogger menyukai ini: