Gmail dan Google Drive Tumbang Hampir Di Seluruh Penjuru Dunia

Beberapa waktu lalu Gmail dilaporkan error di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tak hanya Gmail saja yang error, Google Drive dan Google Maps juga mengalami masalah yang sama meski mungkin skalanya lebih kecil.

User yang terdampak melaporkan bahwa mereka tidak bisa mengirim email atau download foto dan video. Beberapa menerima pesan error yang mengatakan bahwa pesan tidak bisa dikirim. Pengguna diminta mengecek jaringan dan mencoba lagi.

Google membenarkan pula bahwa selain Gmail  yang tumbang, Google Drive juga mengalami masalah.

Sedangkan sebagian user Google Maps melaporkan hanya melihat layar berwarna hitam saat mencoba menggunakan mode Street View.

Sebagian pengguna di Amerika Serikat, Eropa, Asia, Australia dan Amerika Serikat terkena isu tersebut. Pemakai Gmail di Indonesia pun mengutarakan keluhan yang serupa di Twitter.

Berbagai macam akun menuliskan keluh kesahnya tentang errornya Gmail dan Google Drive tersebut.

Namun masalahnya, kejadian tersebut tidak sesederhana itu, dan  berikut ini beberapa fakta terkait errornya Gmail dan Google Drive pada hari Rabu, 13 Maret 2019.

Pihak Google sudah membenarkan bahwa tidak hanya Gmail yang sedang bermasalah, tapi juga Google Drive dan Google Maps

Sumber Gambar : Merdeka.com

Beberapa orang masih bisa mengakses Gmail maupun Google Drive dengan lancar, meskipun berada di negara yang kena imbas masalah tersebut. Sampai saat ini pihak Google masih menginvestigasi akar permasalahannya secara intensif.

Untuk saat ini, Google masih belum menemukan penyebabnya apa. Namun pihak Google menyarankan untuk terus memeriksa GSuite Status Dasboard, untuk mengetahui perkembangan informasi selengkapnya.

Pihak Google sendiri masih dihujani dengan berbagai pertanyaan, komentar maupun komplain, baik melalui surel maupun media sosial, sebuah pesan diterbitkan melalui Google’s GSuite Status Dashboard beberapa waktu yang lalu.

Pesan tersebut menyatakan bahwa Gmail dan Google Drive mengalami masalah yang mereka sebut sebagai “gangguan layanan”.

Menyusul setelah Gmail Error, Google Drive dan Google Maps juga mengalami kegagalan fungsi ini

Sumber Gambar : Inet Detik

Selain menginvestigasi akar permasalahannya, beberapa pengguna juga kesulitan mengakses file mereka di Google Drive. Beberapa video bahkan tidak bisa dimainkan ataupun didownload.

Selain itu, beberapa pengguna Google Maps melaporkan bahwa mereka hanya melihat layar gelap berwarna hitam, ketika mereka mencoba mode Street View.

Masalah ini dialami para pengguna yang ada di Amerika Serikat, Eropa, Australia dan Asia

Sumber Gambar : goldcoastbulletin.com.au

Beberapa orang dari divisi IT menyatakan mereka mendapat banyak protes dari kolega mereka tentang Gmail dan Google Drive yang bermasalah. Padahal memang kedua perangkat sedang mengalami down.

Warganet juga mengaku sudah mencoba berbagai cara untuk memulihkannya, karena mengira sumber masalah ada di fasilitas mereka, seperti gadget atau koneksi provider internet mereka.

Indonesia menjadi salah satu negara yang harus “mencicipi” masalah ini. Warganet pun melontarkan berbagai keluhan melalui berbagai akun media sosial, terutama Twitter, masalah ini pun sempat bertengger menjadi trending topik yang hangat dibicarakan kemarin.

Sisi positif dari errornya Gmail dan Google Drive sendiri adalah, kamu bisa melihat banyak Twit lucu terkait Gmail dan Google Drive di Twitter. Bahkan ada juga yang menghubungkannya dengan zodiak, benar-benar ada saja ya kelakuan para warganet.

Dengan adanya kejadian semacam itu, apakah kamu berniat untuk pindah ke layanan surel lain ?

Kejadian yang cukup menghebohkan ini, sebenarnya juga bisa kamu gunakan untuk beristirahat sebentar dari kewajiban membalas berbagai e-mail yang menyebalkan.  Anggap saja ini adalah kesempatanmu untuk menenangkan diri.

More Stories
fitur pengguna di handphone android
Mengenal Setelan Pengguna di Handphone Android