Gmail Hadirkan Fitur ‘Search Chips’, Bisa Cari Email Lebih Cepat

Google meluncurkan fitur Search Chips untuk layanan Gmail. Fitur ini akan membantu kita menemukan email dengan lebih cepat.

Gmail adalah layanan email yang paling banyak digunakan orang di dunia. Mulai dari anak sekolah sampai karyawan perkantoran, mayoritas menggunakan layanan ini.

Layanan Gmail sendiri telah berjalan lama. Sayangnya, selama ini ada sedikit kendala ketika kita ingin mencari email masuk. Meski sudah ada filter pencarian email, tapi filter Gmail masih kurang efisien.

Tapi hal itu tidak akan terjadi lagi. Sebab Google telah meluncurkan fitur Search Chips di Gmail. Fitur ini akan menyelesaikan masalah soal repotnya mencari email di kontak masuk Gmail.

Sumber Gambar : Mobile Syrup

Seperti Apa Fitur Search Chips di Gmail?

Gmail adalah layanan yang digunakan oleh hampir semua orang. Selama kalian punya alamat email orang lain, kalian dapat menghubungi mereka lewat Gmail.

Selain untuk komunikasi, email juga dibutuhkan untuk mendaftar ke website. Contohnya saat ingin belanja di toko online, kita harus memasukkan email untuk registrasi.

Nah, setelah memasukkan alamat email ke website, biasanya kontak masuk akan dipenuhi email dari toko online. Jadi kalau ada email penting (misal dari kantor), kita akan sulit mencarinya.

Sebenarnya Gmail telah menghadirkan filter seperti “label:work” atau “from:email@address.com.” Sayangnya tidak banyak orang tahu cara menggunakan filter ini.

Inilah fungsi utama dari fitur Search Chips. Fitur ini punya fungsi untuk membuat filter pencarian jadi lebih mudah dipakai.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Fitur baru ini terletak di bawah kotak pencarian Gmail. Seperti contoh di atas, kalian bisa lihat pengguna mengetik ‘Mike’ di bilah pencarian.

Setelah itu akan muncul dua label di hasil pencarian. Label pertama bertuliskan ‘From Mike Chang,’ sedangkan label kedua adalah ‘Exclude chats.’

Nah, kalian bisa klik saran tersebut untuk mempersempit pencarian. Ya bisa dibilang ini mirip seperti Smart Reply, tapi untuk pencarian.

Saat ini pembaruan Smart Chips diluncurkan Google untuk pengguna G Suite. Lalu bagaimana dengan pengguna Gmail biasa? Apa kita tidak bisa menikmati fitur ini?

Tenang, Google mengatakan kalau mereka pasti akan membawa fitur ini ke pengguna Gmail biasa. Hanya saja, perusahaan akan melakukannya setelah peluncuran fitur di G Suite.

%d blogger menyukai ini: