Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Butuh Alternatif Google Suite? Cobalah Menggunakan Zoho

Google Suite telah digunakan banyak orang. Tapi untuk alasan tertentu orang ingin memakai layanan lain. Sebagai alternatif Google Suite, kalian bisa mencoba Zoho.

Google menyajikan berbagai aplikasi atau layanan. Tapi untuk menggunakannya, kita perlu masuk ke aplikasi Google secara terpisah.

Sayangnya beberapa orang tidak suka menggunakan terlalu banyak aplikasi Google. Mereka lebih suka menggunakan satu aplikasi dengan paket all-in-one.

Jika kalian sedang mencari alternatif untuk Google Suite, maka cobalah Zoho. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur mirip seperti produk Google. Berikut ini ada 4 alasan untuk mencoba Zoho:

Sumber Gambar : Zoho

Memberikan Email Bisnis Gratis

Email bisnis merupakan sentuhan bagus untuk memoles identitas digital. Email seperti ini wajib dimiliki oleh pekerja freelancer.

Namun untuk membuat alamat yang diakhiri dengan @your_domain_name.com tidak gratis. Kalian akan dikenakan biaya yang mahal.

Mungkin hal ini terlihat berlebihan untuk ukuran email biasa. Selain itu, biaya yang dikenakan mungkin tidak mampu kalian bayar sekarang.

Untungnya Zoho menawarkan email bisnis gratis. Layanan email gratis ini bernama Zoho Mail, dan bisa kalian gunakan dengan mudah.

Kelebihan dari layanan ini adalah, kalian bisa mengakses email dengan website Zoho Mail. Berbeda dengan email bisnis biasa, yang hanya bisa diakses melalui desktop email client.

Ada hal penting yang harus diingat saat menggunakan layanan email bisnis Zoho. Kalian akan memperoleh alamat email yang diakhiri dengan β€˜@zoho.com.’

Aplikasi Multifungsi dalam Satu Paket

Seperti Google, Zoho juga memiliki aplikasi untuk membuat pengguna tetap produktif. Dengan menggunakan Zoho, kalian bisa mengakses berbagai aplikasi dalam satu wadah.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi surat, kalender, catatan, dan browser. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengelola kata sandi, kontak, bookmark, hingga mencadangkan file ke cloud.

Berikut ini beberapa aplikasi Zoho yang populer di kalangan pengguna:

Zoho Mail

Zoho Mail merupakan aplikasi penyedia akun email bisnis. Berbeda dengan Google, Zoho Mail memberikan email bisnis secara cuma-cuma alias gratis.

Zoho Notebook

Beberapa aplikasi Zoho mungkin terlihat ketinggalan zaman. Tapi hal tersebut tidak berlaku pada aplikasi Zoho Notebook.

Kalian bisa membuat banyak catatan dengan Zoho Notebook. Aplikasi ini bahkan memiliki ekstensi clipper web untuk Chrome dan Safari.

Zoho Writer

Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat daftar pengolah kata online. Bisa dibilang Zoho Writer hampir mirip dengan Google Document dan Microsoft Word Online.

Keamanan Privasi Lebih Terjamin

Banyak orang ingin meninggalkan Google karena masalah privasi. Sayangnya mereka tidak tahu harus menggunakan alternatif yang seperti apa.

Zoho dapat menjadi alternatif aplikasi Google. Zoho memberikan layanan yang aman dengan tetap menjaga privasi pengguna.

Google dan Microsoft biasanya meminta banyak data calon pengguna. Sedangkan Zoho tidak meminta banyak informasi pribadi.

Selain itu, Zoho menjauhkan semua produk gratis dan berbayar dari iklan. Aplikasi ini juga memiliki kebijakan privasi yang lebih baik dibanding layanan serupa lainnya.

Penggunaan Zoho sangat mudah, sebab aplikasi ini hanya memiliki sedikit pengaturan. Selain itu, Zoho juga memiliki panduan penggunaan yang lengkap.

Memiliki Dukungan Aplikasi Seluler

Zoho tidak mempunyai pengaturan lengkap seperti di desktop. Walau begitu, Zoho memiliki mitra seluler untuk banyak aplikasi web.

Tentu merepotkan jika kita menggunakan aplikasi Zoho secara terpisah. Tapi hal ini bisa diatasi jika kalian meng-install aplikasi Zoho OneAuth.

Saat menggunakan Zoho OneAuth, kalian tidak perlu meng-install aplikasi Zoho secara terpisah di smartphone. Semua aplikasi bisa akses dari Zoho OneAuth. Cukup simpel ya.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan Zoho OneAuth. Sebab aplikasi ini melindungi data pengguna dengan otentikasi multi-faktor.

Download

Download

More Stories
Pemutar Kaset + Bluetooth 5.0 “It’s OK”