Gmail, YouTube, dan Layanan Google Down! Apa Yang Terjadi?!?

google service down

Berbagai layanan Google, meliputi Google Search, Gmail, YouTube, dll down alias mengalami kendala pada malam tanggal 14 Desember 2020. Kejadian ini berpengaruh pada pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Begitu cepat dan berpengaruhnya kejadian itu, sampai lini masa di Twitter pun muncul tagar #YouTubeDOWN.

Kalau kamu cek di situs downdetector, misalnya untuk layanan mesin pencari Google, kendala ini mulai muncul pada jam 6:36 petang. Sedangkan puncaknya pada jam 7:04 malam dengan jumlah laporan sebanyak 32.650. Tentu saja, tidak semua pengguna melaporkan masalah ini.

Sedangkan dari status berbagai aplikasi milik Google, bisa kamu lihat kalau hampir semua layanan dari Google memang sedang mengalami kendala. Tidak hanya Google Search, Gmail, atau YouTube saja yang down, tapi juga Google Calender, Maps, Classroom, Drive, Meet, Keep, dll.

Walau begitu, kelihatannya tidak semua orang mengalami imbas masalah ini. Saya misalnya, masih bisa nonton YouTube atau melakukan pencarian di smartphone. Tapi ketika mencoba membuka YouTube lewat browser komputer, hanya muncul halaman kosong semata.

Namun, masalah ini juga kelihatannya tidak berlangsung lama. Karena saat ini saya sudah bisa mengakses YouTube dari browser komputer. Kemungkinan secara perlahan layanan Google sudah kembali pulih.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebabnya layanan Google down. Tapi Google sudah memastikan kalau semuanya akan kembali berjalan normal.

%d blogger menyukai ini: