Google Chrome Desktop akan Bisa Langsung Tangkap & Edit Screenshot

Asyik! Sebentar lagi Google Chrome desktop akan bisa menangkan & mengedit screenshot langsung tanpa aplikasi tambahan. Cek detilnya di sini.

Sebagai salah satu browser terpopuler di dunia, Google Chrome boleh dibilang rajin meluncurkan fitur-fitur segar. Contohnya beberapa waktu lalu, Chrome sempat meluncurkan widget aplikasi Android baru, akses sandi yang lebih mudah di perangkat seluler, panel samping pencarian, dll.

Bahkan beberapa waktu lalu Google juga telah menambahkan kemampuan untuk menangkap tangkapan layar di Chrome Android, dengan pembaruan Chrome 94.

Sayangnya hingga kini, fitur tangkapan layar belum ada di Google Chrome versi desktop. Dulu kalau ingin menangkap screenshot dari Chrome, pengguna perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga (contohnya seperti Lightshot).

Namun sepertinya versi desktop sebentar lagi juga bakal kebagian fitur yang serupa. Pasalnya baru-baru ini Google kabarnya tengah menguji metode untuk menangkap dan mengedit tangkapan layar langsung di halaman web.

Menurut Techdows (via XDA-Developers), versi terbaru Chrome 98 Canary terilhat menampilkan dua kode unik di ‘chrome://flags’ terkait fitur screenshot di desktop.

Kedua kode unik itu adalah ‘#sharing-desktop-screenshots’ (untuk mengaktifkan pengambilan screenshot dari hub desktop sharing) dan ‘#sharing-desktop-screenshots-edit’ (untuk mengaktifkan tools edit screenshot).

Saat kedua kode itu disetel ke ‘Enabled,’ item Screenshot langsung muncul di menu Send, yang ada di dalam address bar Chrome.

Setelah opsi Screenshot ditekan, pengguna dapat menyeret mouse dan memilih bagian mana yang ingin di-screenshot. Saat tombol mouse dilepaskan, Chrome akan otomatis menangkap tangkapan layar dan menyimpannya ke clipboard pengguna. Pengguna juga bisa mengklik tombol ‘Download’ untuk menyimpannya sebagai file.

Beda dengan fitur tangkapan layar yang ada di Firefox, di Chrome nggak ada opsi untuk me-scroll halaman saat mengambil gambar. Pengguna juga tidak bisa memilih folder khusus untuk menyimpan hasil screenshot (otomatis dan akan selalu disimpan di folder Download).

Menariknya, fitur ini juga menghadirkan opsi “Edit” yang akan menyembul sesaat setelah tangkapan layar diambil. Tapi untuk saat ini, Techdows mengatakan saat mereka mencoba mengklik tombol tersebut, yang muncul hanya halaman kosong. Jadi belum tahu apa saja opsi markup yang ada di dalamnya.

%d blogger menyukai ini: