Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Strategi Dilancarkan, Google Duo Kini Mulai Berubah Jadi Google Meet

Indri Penulis

Layanan Google Duo sekarang resmi berubah menjadi Google Meet. Kita lihat, apakah akan ada perubahan dalam layanan ini atau tidak.

Aktivitas video call sangat disukai banyak orang, pasalnya lewat aktivitas ini orang-orang bisa bicara sambil melihat wajah lawan bicaranya secara online.

popculture.id

Sayangnya aktivitas video call biasanya membutuhkan koneksi internet yang kencang, dengan begitu kualitas gambar dan suara yang dihasilkan saat video call bisa terlihat jelas dan jernih.

Selama ini ada banyak platform / aplikasi yang bisa dipakai untuk menunjang aktivitas video call mulai dari WhatsApp, Messenger, dll. Google sebagai raksasa teknologi juga punya layanan yang sama bernama Duo dan Meet.

Apa perbedaan Duo dan Meet? Duo dirancang untuk pemakaian personal (atau untuk kebutuhan pribadi), sedangkan Meet didesain khusus untuk para pebisnis (dibuat untuk menyaingi Zoom sih sebenarnya).

Sama-sama layanan video call, nggak sedikit orang yang merasa kalau kedua layanan tersebut tumpang tindih. Pasalnya kegunaan utama mereka sama, yakni bisa dipakai untuk melakukan panggilan video.

Tapi sepertinya, Google mulai merasakan hal yang sama. Terbukti beberapa bulan lalu, Google tiba-tiba menghadirkan fitur Meet di Duo. Tapi waktu itu yang bisa melihat uji coba tersebut cuma sebagian orang. Hal ini mengindikasikan kalau Duo dan Meet benar-benar akan digabungkan jadi satu.

Duo Perlahan Berubah Jadi Meet

Nah awal Agustus ini, Google akhirnya mengambil langkah akhir. Demi bisa ‘menyederhanakan’ kedua layanan video konferensinya itu, Google kini resmi memulai strateginya untuk menggabungkan Duo ke dalam Meet.

google duo jadi google meet

Sekarang kalau pengguna membuka Google Duo, pengguna akan disambut oleh notifikasi yang juga sudah pernah muncul saat uji coba beberapa waktu lalu. Notifikasi tersebut akan memberi tahu pengguna gambaran singkat tentang rencana transisi dan menampilkan tautan untuk mempelajarinya lebih lanjut, yang bisa ditemukan di menu “Learn more.”

Kalau pengguna Google Duo mengklik menu “Got it,” pengguna akan melihat tombol panggilan baru yang kini sudah lebih disederhanakan yakni hanya bernama “New.” Saat tombol New diklik, pengguna akan melihat opsi baru untuk memulai rapat / menjadwalkan berbagai hal di Google Calendar (fitur-fitur ini sebelumnya cuma bisa dinikmati di Google Meet).

Lalu, apakah aplikasi Google Duo masih ada? Untuk sementara ini, aplikasi Google Duo masih ada seperti biasa. Namun hal tersebut mungkin cuma bertahan selama beberapa bulan saja, setidaknya sampai aplikasi Google Duo sepenuhnya berganti branding menjadi Meet.

Selain itu kemungkinan nanti juga masih akan ada berbagai perubahan di Duo seperti pergantian tampilan antarmuka, atau penambahan fitur-fitur Meet yang lainnya.

    %d blogger menyukai ini: