Google Hadirkan Fitur Meet di Duo, Nantinya Jadi Satu Aplikasi

Anom Penulis

Google mengumumkan kalau mereka menghadirkan fitur dari aplikasi Google Meet ke Google Duo. Nantinya, kedua aplikasi ini akan bergabung menjadi satu. Sebuah solusi yang lebih sederhana dan memudahkan pengguna.

Google mengumumkan penambahan fitur Meet ke Duo ini di blog Google Cloud. Mereka juga menyebut kalau akan menggabungkan kedua aplikasi itu pada akhir tahun ini. Google Duo akan lebur menjadi Google Meet.

Fitur yang aslinya ada di Google Duo akan tetap hadir. Misalnya membuat panggilan langsung dengan nomor telepon atau email, memakai filter, mengirim pesan, dll. Termasuk juga dengan riwayat panggilan.

tampilan panggilan google duo baru

Namun ada fitur dari Meet yang hadir di Google Duo. Fitur yang ditambahkan itu meliputi:

  • Gambar latar virtual untuk panggilan dan pertemuan.
  • Menjadwal pertemuan.
  • Chat (obrolan teks) dalam pertemuan.
  • Berbagi konten langsung dalam pertemuan.
  • Transkripsi teks langsung.
  • Meningkatkan jumlah peserta panggilan sampai 100 orang (dari 32).
  • Integrasi aplikasi lain, seperti Gmail, Kalender, Asisten, Pesan, dll.

Di samping itu, Google juga menyebutkan kalau selama Duo mendapat pembaruan, aplikasi Meet tidak akan mendapat gangguan. Nantinya, jika peralihan fitur sudah selesai berjalan, pengguna Meet asli akan ditawarkan untuk menggunakan versi baru (versi Duo yang jadi Meet).

Agak membingungkan ya? Tapi nanti kalau peralihan berjalan tidak bakal bingung kok. Mungkin kamu bahkan tidak terlalu sadar.

Bagaimanapun, penggabungan kedua aplikasi ini sangat masuk akal. Karena keduanya memang punya fungsi yang relatif mirip.

Di sisi lain, juga sudah bukan cerita baru kalau Google hobi bikin aplikasi baru tapi kemudian mematikannya. Salah satu contohnya adalah Google Allo, di antara sekian banyak aplikasi Google yang ditutup.

Jadi, kalau kamu pengguna aplikasi Google Duo atau Meet, jangan kaget atau bingung ya kalau ada perubahan.

    %d blogger menyukai ini: