Google Kenalkan Cara Searching Baru Bernama “Multisearch” & “Scene Exploration”

Indri Penulis

Google memperkenalkan cara baru untuk melakukan penelusuran di Google Search lewat “Google Multisearch” dan “Scene Exploration.” Apa itu?

Google Search sudah menjadi hal yang nggak bisa terpisahkan dari orang-orang di dunia. Bagaimana tidak, kita bisa menemukan informasi model apapun lewat Google Search. Makanya nggak heran kalau Google Search selalu menjadi rujukan orang-orang saat mau mencari informasi.

Baru-baru ini, Google memperkenalkan metode baru untuk melakukan penelusuran informasi di Google Search yakni lewat “Google Multisearch” dan “Scene Exploration.”

Google Multisearch

Google Multisearch adalah cara baru untuk mencari informasi menggunakan teks dan gambar dalam satu kueri yang sama. Baru-baru ini Google menambahkan cara untuk menemukan ‘informasi lokal’ dengan Google Multisearch. Dengan begitu, kamu bisa menemukan informasi yang dibutuhkan berdasarkan lokasi terdekat.

Cara penggunaan fungsi ini gampang banget. Kamu bisa menggunakan gambar / tangkapan layar, lalu menambah kata ‘near me’ untuk melihat opsi restoran / toko lokal yang memiliki pakaian, perlengkapan rumah, atau makanan yang kamu cari.

Misalnya, kamu melihat ada makanan lezat secara online dan ingin mencobanya. Tapi kamu nggak tahu nama makanan tersebut dan isinya. Ketika kamu menggunakan Multisearch, Google akan memindai jutaan gambar dan ulasan yang diposting di halaman web, serta dari komunitas kontributor Maps, untuk menemukan hasil tentang tempat terdekat yang menawarkan hidangan tersebut.

Oya, informasi lokal dalam Multisearch akan tersedia secara global akhir tahun 2022 dalam Bahasa Inggris. Google rencananya juga akan menambahkan lebih banyak variasi bahasa seiring berjalannya waktu.

Scene Exploration

Di masa mendatang dengan Scene Exploration, kamu bisa menggunakan Multisearch untuk mencari informasi lewat kamera ponsel, menggeser kamera ponsel tersebut ke objek yang mau kamu cari informasinya, dan tadaa.. Kamu bakal langsung melihat ‘informasi dari beberapa objek’ sekaligus.

Bayangkan pas kamu mau kasih hadiah ke temanmu yang sangat suka cokelat. Kamu paham kalau temanmu itu suka cokelat hitam, tapi nggak suka cokelat yang ada campuran kacang di dalamnya.

Nah dengan menggunakan Scene Exploration, kamu bisa memindai beberapa merk cokelat yang ada di etalase pakai kamera ponsel. Cukup geser kamera ponsel ke mengelilingi etalase, dan kamu bisa langsung melihat informasi yang dibutuhkan langsung di depan mata.

    %d blogger menyukai ini: