Google ‘Terciduk’ Tetap Melacak Lokasi, Walau GPS Dimatikan

Banyak orang yang saat ini memilih untuk mematikan atau menon-aktifkan fitur lokasi pada smartphone. Hal tersebut dilakukan, agar tidak mudah dilacak oleh siapapun. Namun walaupun begitu, ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Associated Press, yang melibatkan peneliti dari ilmu komputer Princeton, terdapat beberapa layanan Google dalam perangkat Android maupun iOS yang masih menyimpan data lokasi pengguna.

Dari penelitian tersebut, beberapa layanan Google yang disinyalir digunakan sebagai alat pelacak adalah Google Maps, peramban pencarian Google Search, serta pembaruan cuaca.

Data masih tetap dapat terlacak, walaupun pengguna sebelumnya telah mematikan fitur lokasi dalam perangkatnya.

Sumber Gambar : Tips dan Trik Internet

Sebenarnya, ketika pengguna mematikan menuHistori Lokasi” (Location History), hal tersebut hanya akan mencegah Google untuk tidak menampilkan kemana pengguna akan pergi.

Hal ini tidak akan ditampilkan ketika pengguna pergi ke fitur “Timeline” atau Linimasa, yang memvisualkan kemana saja pengguna pergi.

Kenyataannya, jejak lokasi pengguna akan disimpan dalam pengaturan “Web and App Activity”. Data tersebut, selanjutnya akan dilacak melalui akun Google pengguna. Oleh karena itu, pengguna Google akan tetap dapat terlacak dimanapun akun tersebut diakses.

Walaupun pengguna dapat menghapus riwayat lokasi dari akun Google, namun cara itu tidak akan dapat secara kesuluruhan menghentikan pelacakan.

Misalnya seperti layanan Google Maps. Google Maps akan tetap melacak lokasi si pengguna, dan kemudian menyimpannya ke dalam aplikasi tertentu pada akun Google.

Menanggapi hal tersebut, dilansir dari The Verge, Selasa (14/8/2018). Google mengaku bahwa Location History memang jelas diperuntukkan untuk personalisasi pengalaman pengguna.

Sumber Gambar : Youtube

Location History merupakan salah satu produk Google. Dan pengguna dapat mengatur seperti mengubah, menghapus, maupun menon-aktifkan fitur tersebut kapanpun sesuai keinginan,” kata salah satu perwakilan Google.

Pihak Google menyebut apabila fitur lokasi, justru dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika mereka mengakses layanan Google, misal Google Maps maupun Google Search.

Namun bila pengguna merasa khawatir akan pelacakan yang dilakukan oleh Google, maka dapat mencoba untuk menon-aktifkan menu “Web and App Activity”.

Dengan begitu, maka Google tidak lagi menyimpan rekam jejak pengguna ketika mengguna Maps maupun Google Search, yang menunjukkan titik koordinat GPS dengan tepat.

Pengguna dapat mematikan fitur tersebut dari tautan berikut. Selanjutnya, geser tombol yang ada ke arah kiri untuk mematikannya.

Klik Disini

Selanjutnya, Google akan memberi pesan tentang apa yang akan terjadi, bila pengguna mematikan fitur tersebut. Akibatnya antara lain dapat mempengaruhi layanan lokasi perangkat, serta aplikasi “Find my Device” untuk melacak ponsel Android juga akan hilang.

Apabila pengguna menyetujui ketentuan tersebut, maka pilih opsi “Jeda”. Namun bila sebaliknya, maka dapat membatalkan proses tersebut.

Seperti yang sebelumnya telah diungkapkan oleh Google, pengguna saat ini mempunyai hak untuk menghapus rekam jejak lokasi. Oleh karena itu, untuk dapat menghapus lokasi ponsel Android, cukup buka pengaturan perangkat, lalu pilih Google dan akun Google.

[irp posts=”46753″ name=”Cara Menggunakan Google Maps dan Fungsi GPS”]

Ketuk menu “Data & personalisasi”, selanjutnya pada “Kontrol aktivitas” pilih “Histori Lokasi”. Lanjutkan dengan memilih “Kelola Linimasa”. Tunggu hingga perangkat membuka Google Maps.

Setelah Google Maps muncul, akan tampil seluruh riwayat lokasi dan linimasa pengguna yang terbagi berdasarkan hari, bulan, serta tanggal.

Menuju bagian menu lain dengan simbol tiga titik vertikal, selanjutnya pilih “Setelan”. Pada bagian bawah, pilih “Hapus semua histori Lokasi” atau “Hapus rentang Histori Lokasi”.

Sedangkan untuk menghapus riwayat lokasi melalui situs, maka dapat klik tautan berikut.

Klik Disini

Pengguna dapat memilih, bila ingin menghapus riwayat lokasi berdasarkan waktu maupun keseluruhan histori. Bila sesuai waktu, klik kanan tanggal yang diinginkan. Selanjutnya klik “Hapus” beserta ikon tong sampah yang berada di sudut kanan bawah.

Untuk dapat menghapus berdasarkan lokasi, maka pilih daftar lokasi. Kemudian klik menu lainnya (titik tiga vertikal). Selanjutnya pilih “Hapus perhentian dari hari,” dan klik “Hapus.”

Terakhir, untuk dapat menghapus keseluruhan lokasi, klik ikon tong sampah yang berada di sebelah kanan bawah. Selanjutnya, centang kotak yang telah tersedia. Dengan begitu, riwayat lokasi akan terhapus permanen.