Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Jangan Dijilat, Jangan Dicelup. Ini Android Oreo!

Android Oreo
Anom Penulis

Resmi sudah. Google mengumumkan nama dari versi Android terbaru. Namanya adalah Android Oreo. JENG JENG!

Yayaya, sebenarnya sudah bukan kejutan lagi. Dugaan soal nama ini sudah berkumandang sejak lama. Walau gosipnya timbul tenggelam, nama Oreo untuk kemilan dengan huruf awal O memang susah dipungkiri.

popculture.id

Superhero baru

android oreo to the rescue

Kelihatannya Google memposisikan Android 8 Oreo ini sebagai sesosok superhero dunia digital. Lengkap dengan maskot Android Oreo yang memakai seragam dan sayap (lihat gambar utama). Google juga menyebutkan empat kekuatan supernya: Powerful, Secure, Fast, Smart & Seamless.

Melalui blog resmi The Keyword, Google menjelaskan secara singkat kekuatan tersebut.

Fitur baru Android Oreo

Kalau Android Nougat punya multi-windows, Android Oreo punya picture-in-picture. Sebuah fitur yang menampilkan satu aplikasi (kelihatannya untuk video) di atas aplikasi lain.

Kemudian ada juga notification dots. Fitur ini memungkinkan kita melihat apa yang baru di aplikasi dan segera meresponnya. Selangkah lebih maju dari apa yang dimiliki Nougat saat ini.

fitur android oreo

Selain itu Android 8.0 Oreo juga memberikan perlindungan dengan Google Play Protect. Dengan fitur ini kamu bisa memperketat kontrol keamanan dalam memasang aplikasi.

Kemudian, Google juga meningkatkan efisiensi penggunaan baterai di Android versi baru ini, meningkatkan kecepatan kinerja sistem operasi, dan memperingkas banyak proses, seperti Autofill untuk login (sesuai ijin pengguna) dan Android Instant Apps. Fitur yang disebut terakhir ini adalah kemampuan menggunakan aplikasi tanpa memasang aplikasi itu di handphone.

….dan tidak lupa, Android 8 ini juga punya desain emoji baru. Lebih mirip emoji pada umumnya (selamat tinggal blob!).

emoji baru android oreo

Yah, yang kita lakukan tinggal menunggu datangnya update ini.

Google menyebutkan bahwa update akan berjalan segera. Untuk handphone Pixel dan Nexus 5X/6P sudah memasuki tes provider (di Amerika?), dan akan segera bergulir termasuk untuk perangkat Pixel C dan Nexus Player.

Google juga bekerja sama dengan berbagai partner untuk merilis update ini. Beberapa nama yang disebut adalah Essential, General Mobile, HMD Global Home of Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony. Perangkat yang masuk ke program Beta Android juga akan menerima update Android 8 Oreo.

Silakan kunjungi android.com/oreo untuk informasi lebih jauh.

    %d blogger menyukai ini: