Google Photos Stop Cadangkan Gambar dari WhatsApp dan Media Sosial

Google mengumumkan kalau menghentikan fitur aplikasi Google Photos untuk mencadangkan gambar dari aplikasi media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, dll.

Salah satu keunggulan aplikasi Google Photos sebagai sebuah galeri media adalah bisa mencadangkan secara otomatis gambar dan video dari berbagai folder aplikasi. Di antaranya adalah dari aplikasi chatting dan media sosial. Dengan begitu, kalau kamu mengunggah gambar atau video ke media sosial, kamu tetap punya salinannya.

Namun, Google menghentikan fitur tersebut dan mengumumkannya di forum komunitas. Kate Lynn sebagai perwakilan Google menyebutkan bahwa alasan penghentian cadangan foto dan video tersebut adalah karena pandemi Covid-19.

Google mengambil tindakan ini untuk menghemat sumber daya internet. Dengan demikian, untuk sementara waktu, cadangan dan sinkronisasi media dari folder aplikasi media sosial dihentikan. Google memberi contoh folder aplikasi WhatsApp, Messages, dan Kik.

pemberitahuan Google Photos

Selain pemberitahuan di forum komunitas itu, juga akan ada pemberitahuan yang muncul di aplikasi Google Photos. Entah apakah pemberitahuan ini akan hadir sendiri atau bersamaan dengan desain baru aplikasi Google Photos.

Rekan-rekan dari XDA Developers menemukan dari APK Google Photos daftar aplikasi media sosial yang lebih lengkap yang dihentikan proses pencadangannya di Google Photos. Aplikasi itu meliputi: Facebook, Helo, Instagram, LINE, Messages, Snapchat, Twitter, Viber, dan WhatsApp.

Perlu kamu perhatikan kalau cadangan yang dibuat sebelumnya tidak akan terpengaruh oleh keputusan ini. Selain itu, kamu masih bisa membuat cadangan media secara manual (upload sendiri).

Kelihatannya tindakan penghematan ini memang hanya sementara. Yaitu selama pandemi Covid-19 melanda. Namun sayangnya kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir.

Jadi kalau kamu memilih cadangan otomatis, jangan kaget kalau kamu tidak menemukan gambar atau video dari beberapa aplikasi di Google Photos.

%d blogger menyukai ini: