Google Pixel 5 & Pixel 4a 5G Resmi Meluncur dengan Android 11

Google resmi meluncurkan dua ponsel anyar, Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. Kedua smartphone ini debut dengan kamera ultrawide dan Android 11.

Sudah sebulan berlalu sejak Google meluncurkan Pixel 4a. Smartphone ini rilis dengan harga terjangkau dan fitur kamera jempolan. Lalu bagaimana dengan smartphone Pixel lainnya?

Setelah Pixel 4a rilis, muncul berbagai bocoran seri lain seperti Pixel 5, Pixel 5 XL dan Pixel 4a 5G. Dari rumor terbarunya, Pixel 5G dan Pixel 4a 5G bakal diumumkan 30 September. Sedangkan Pixel 5 XL belum ada kejelasan.

Kini smartphone Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G telah resmi meluncur. Apa saja hal menarik dari ponsel kesayangan Google ini?

Spesifikasi Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

Google Pixel 5

Pixel 5 merupakan ponsel yang lebih premium dibanding Pixel 4a 5G. Ponsel ini membawa perubahan besar yang sangat mencolok. Yakni pemakaian chipset Snapdragon 765G dan Android 11.

Google Pixel 5
Sumber Gambar : GSMArena

Yah selama ini, ponsel besutan Google memang tidak terlalu fokus pada performa. Sebab Google telah menanamkan chipset khusus yang bisa menghadirkan keajaiban pada kamera. Makanya kamera Pixel terkenal ‘yahud.’

Perubahan kedua dari segi kamera. Kalau Pixel lain punya kamera telefoto, Pixel 5 justru hadir dengan kamera ultrawide-angle 16MP. Kamera ini memilki aperture f / 2.2 dan ukuran piksel 1.0um.

Sementara kemampuan zooming ponsel ini dilakukan dengan kamera utama 12,2 MP. Kamera ini memiliki ukuran piksel 1,4um dan algoritma AI Google. Sensor ini tidak punya piksel yang besar untuk pemotretan malam hari, atau resolusi tinggi untuk zoom digital lossless.

Kemampuan kamera Pixel 5 tidak berhenti sampai di situ. Ponsel ini menawarkan IOS dan lensa f / 1.7 yang lebih cerah. Selain itu, Pixel 5 adalah ponsel Pixel pertama yang mendukung perekaman 4K pada 60fps. Kalau di bagian depan, ponsel ini punya kamera selfie 8MP.

Sekarang beralih ka layar ponsel. Pixel 5 memiliki diagonal layar 6,0 inci. Layar ponsel menawarkan resolusi 1080p + dan memiliki refresh rate mencapai 90Hz. Oya, layar ponsel juga telah dilindungi Corning Gorilla Glass 6.

Google Pixel 5 Varian Sorta Sage
Sumber Gambar : GSMArena

Bodi ponsel sudah mengantongi sertifikasi IP68. Membuatnya tahan air dan debu. Bodi ponsel terbuat dari aluminium daur ulang dan bertekstur. Membuatnya tidak licin saat dipegang, dan tidak menimbulkan jejak sidik jari. Oya, di bodi belakang ponsel juga ada sensor sidik jari lho.

Sementara di dapur pacunya, ponsel ini disokong chipset Snapdragon 765G dengan modem X52. Membuatnya mendukung konektivitas 5G. Dari segi penyimpanan, ponsel ini punya RAM 8GB dan ROM 128GB.

Walau sudah 5G, tapi agak disayangkan karena ponsel ini masih pakai Wi-Fi 5, bukan Wi-Fi 6.Untuk daya tahan, Pixel 5 dibekali baterai 4.080mAh dengan fast-charging 18W. Lebih besar dibanding Pixel 4 XL yang hanya 3.700mAh.

Google Pixel 4a 5G

Pixel 4a 5G hadir dengan layar yang lebih besar dari Pixel 5, yakni 6,2 inci. Namun, layar ponsel hanya memiliki refresh rate 60Hz. Selain itu, layar hanya dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Bukan Gorilla Glass 6 seperti Pixel 5.

Google Pixel 4a 5G
Sumber Gambar : GSMArena

Bodi ponsel terbuat dari bahan polikarbonat yang tidak tahan debu dan air. Sementara sensor sidik jarinya terletak di bodi belakang ponsel.

Dalam hal jeroan, ponsel ini juga ditenagai chipset Snapdragon 765G seperti Pixel 5. Untuk penyimpanan, Pixel 4a 5G hadir dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Sama seperti Pixel 5, ponsel ini juga telah menjalankan Android 11.

Beralih ke kamera, ponsel ini punya kamera utama 12,2MP yang dipadukan dengan 16MP (ultrawide). Sementara di depan ada kamera selfie 8MP yang bersarang di punch-hole.

Pixel 4a 5G punya jack headphone 3.5mm, fitur yang tidak dimiliki Pixel 5. Walau ukurannya lebih besar, tapi baterai ponsel ini lebih kecil yakni hanya 3.885mAh dengan 18W USB Power Delivery.

Harga dan Ketersediaan

Pixel 5 akan tersedia di beberapa negara pada 15 Oktober. Sementara di AS, ponsel ini baru tersedia pada 29 Oktober. Pixel 5 hadir dengan warna Just Black dan Sorta Sage. Ponsel ini dibanderol dengan harga $700.

Pixel 4a 5G hanya punya warna Just Black dan dibanderol dengan harga $500. Pre-order mungkin akan dimulai 5 November. Sementara penjualan ke negara lain (selain Jepang) akan dimulai 15 Oktober mendatang.

%d blogger menyukai ini: