Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Google ‘Tuntut’ Apple Adopsi RCS di Aplikasi Pesan iPhone

Gambar: Google
Anom Penulis

Google berusaha keras agar Apple mau mengadopsi teknologi RCS di aplikasi Pesan ekosistemnya. Mereka menunjukkan beberapa kelemahan dari teknologi lama yang diterapkan Apple.

Apple memang memisahkan antara SMS/MMS dengan pesan berbasis ekosistem Apple. Kalau si pengirim dan penerima sama-sama memakai aplikasi Pesan Apple (iMessage), maka balon kata-kata akan berwarna biru.

popculture.id

Tapi kalau pesan itu menyeberang antar platform (misal ke Android), maka pesan akan menjadi SMS/MMS. Pesan itu kemudian akan punya balon kata-kata warna hijau.

Google saat ini sudah menerapkan teknologi RCS di aplikasi Pesan mereka sebagai pengganti SMS/MMS. Teknologi ini menggunakan protokol yang lebih kekinian (termasuk memanfaatkan internet bukan protokol SMS).

Namun, teknologi RCS ini tetap tidak berlaku jika pengguna saling pesan antara Android dan iPhone. Protokol Apple tetap memperlakukan pesan itu sebagai SMS/MMS. Yang kelihatannya membuat Google geram.

Kampanye Google

Google mulai mengangkat permasalahan aplikasi Pesan iPhone ini melalui video musik Drake untuk lagu “Text Go Green.” Tim Android mengunggah opini mereka terhadap lagu Drake itu via Twitter.

Kemudian, Google juga membuat halaman khusus di website Android yang menyorot masalah ini. Halaman ‘Get The Message’ dari Google ini menjelaskan kenapa Apple harus mengadaptasi teknologi RCS. Mereka menyebutkan masalah kualitas gambar yang berbeda, soal pesan lewat WiFi, keamanan, dll.

google buat halaman khusus supaya apple adopsi teknologi rcs

Rasionalisasi Apple

Apple, tentu saja, ingin agar lebih banyak orang memakai perangkat di ekosistem mereka, seperti iPhone. Dengan begitu pengguna bisa mendapat keuntungan dari ‘teks warna biru.’

Bagaimanapun, salah satu hal yang membuat perangkat Apple mahal adalah dukungan antar perangkat di dalam ekosistemnya. Seperti AirDrop, copy paste antara Mac, iPad, dan iPhone, dan masih banyak lainnya.

Jadi wajar jika mereka sedikit cuek dengan tuntutan Google ini. Ngapain memberi keuntungan bagi mereka yang tidak memakai perangkat Apple?

Apa Permintaan RCS Google Berpengaruh?

Ironisnya, mungkin ‘tuntutan’ Google ke Apple ini hanya berlaku ke pengguna di wilayah (negara) tertentu saja (terutama Amerika). Karena memang di beberapa negara, provider memberikan layanan pesan secara gratis.

Di berbagai wilayah negara lain β€” yang pengiriman pesan (SMS/MMS) β€” berbayar, aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram lebih banyak dipakai. Tentu karena biayanya lebih murah. Ini punya yang menyebabkan WhatsApp menjadi aplikasi pesan dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Ironisnya, Google juga menyebutkan alternatif lain selain aplikasi Pesan Apple di halaman ‘Get The Message’ mereka. Yang disebut adalah Signal dan WhatsApp.

Jadi, bagaimana Google? Kalau pengguna memilih pakai WhatsApp atau Signal atau Telegram, entah di Android atau iPhone akhirnya teknologi RCS di aplikasi pesan juga nggak berpengaruh amat kan?

    %d blogger menyukai ini: