Resmi Rilis! Inilah Berbagai Hal Baru yang Ada di Android 11 Beta

Setelah menunggu berbulan-bulan, akhirnya Google merilis versi pertama Android 11 Beta. Lalu apa saja fitur baru yang ada di Android 11 Beta?

Kisruh di AS beberapa waktu lalu mengakibatkan sejumlah acara penting terpaksa ditunda. Seperti acara peluncuran PlayStation 5.

Tidak hanya itu, Google juga mengumumkan kalau peluncuran Android 11 Beta terpaksa diundur. Tapi karena kondisi di AS saat ini sudah lebih kondusif, Google akhirnya meluncurkan Android 11 Beta.

Apa Saja Fitur Baru di Android 11 Beta?

Tab Obrolan Baru di Panel Notifikasi

Sumber Gambar : Android Central

Tujuan utama Android 11 adalah mempermudah obrolan yang sedang berlangsung. Google menghadirkan pembaruan obrolan lewat panel notifikasi Android 11.

Sekarang di panel notifikasi ada bagian obrolan khusus. Jadi saat kalian mendapat SMS, WhatsApp, Facebook Messenger, dll, semuanya bakal muncul di panel khusus obrolan.

Kalian tidak hanya bisa membacanya. Namun kalian juga bisa membuat pintasan obrolan ke layar beranda, mengatur pengingat obrolan, sampai mengatur obrolan jadi bentuk gelembung (bubble).

Bubble untuk Aplikasi Chat/SMS

Sumber Gambar : Android Central

Salah satu fitur terbaru dari Android 11 adalah gelembung obrolan. Ketika kalian memindahkan obrolan ke gelembung, di layar bakal tampil lingkaran kecil yang bisa dipindah sesuai selera.

Gelembung obrolan ini bakal stay di layar ponsel. Tidak peduli kalian sedang mengakses halaman beranda atau aplikasi. Tujuannya agar kalian bisa mengakses obrolan dalam semua kondisi.

Oya, saat kalian mengetuk gelembung, kalian bisa melihat obrolan yang sedang berlangsung. Jadi seolah-olah aplikasi pengolah pesan bakal terbuka penuh. Kalau ingin menyembunyikannya lagi, tinggal ketuk sekali lagi gelembungnya.

Tampilan Recents Page Berbeda Jauh

Sumber Gambar : Android Central

Recents Page setiap tahun memang mengalami perubahan. Tapi di Android 11 kali ini, halaman ini terlihat berubah drastis.

Di halaman ini kalian tetap bisa melihat daftar aplikasi terbaru yang tersusun secara horizontal. Tapi widget Google Search dan rekomendasi aplikasi bakal diganti oleh 3 pintasan baru yakni Screenshot, Select dan Share.

Screenshot hanya mengambil tangkapan layar dari aplikasi yang kalian sorot (bukan semua Recents Page). Share berguna kalau kalian ingin screenshot layar sekaligus membagikannya ke orang lain.

Sedangkan opsi Select digunakan untuk menyorot teks tertentu. Yah, fitur ini hampir sama seperti saat kalan ingin menyalin, mencari, atau berbagi teks tertentu.

Perekam Layar Bawaan

Sumber Gambar : Android Central

Kalau kalian menggunakan ponsel Samsung, kalian mungkin pernah lihat ada tools bawaan untuk merekam layar. Nah, fitur inilah yang selama ini belum dimiliki Android. Namun akhirnya Android 11 memilikinya.

Perekam layar mungkin bukan fitur yang akan selalu dipakai. Tapi dalam situasi tertentu, fitur ini bakal sangat berguna. Misal kalau kalian ingin pamer skill saat main game mungkin. Hahaha.

Tools perekam layar bisa diakses swap layar ke bawah. Kemudian ketuk ikon perekam layar. Saat mengetuknya kalian bakal memilih, ingin merekam audio dari mikrofon, atau menunjukkan sentuhan tangan di layar.

Kontrol Smarthome Baru

Sumber Gambar : Android Central

Buat kalian yang punya perangkat smarthome Google, sekarang tidak perlu membuka aplikasi smarthome kalau ingin mengaksesnya. Cukup tekan lama tombol daya ponsel.

Setelah itu, kalian bisa mengakses kontrol berbagai perangkat smarthome. Seperti mengontrol smart lamp, colokan, thermostat, dll.

Saran Aplikasi Sekarang Ada di Beranda

Sumber Gambar : Android Central

Kalau di Android 10, saran aplikasi biasanya ada di bagian bawah. Sekarang di Android 11, saran aplikasi bisa ditampilkan ke layar beranda.

Kalian bisa mengaktifkan saran aplikasi. Kalau di aktifkan, semua aplikasi yang sering kalian pakai bakal tampil di beranda. Aplikasi bakal berubah tergantung mana yang sering kalian gunakan.

Penjadwalan Mode Gelap

Sumber Gambar : Android Central

Android 10 memang sudah punya mode gelap. Tapi mode ini tidak memiliki penjadwalan khusus. Nah, akhirnya fitur ini hadir di Android 11.

Untuk menjawalkan mode gelap, kalian cukup pergi ke pengaturan mode gelap. Setelah itu, klik pada menu β€˜Turn on at custom time.’ Setelah itu kalian bisa atur waktu mode gelap mulai sampai selesai.

%d blogger menyukai ini: