Google Rilis 12L, Fitur Android 12 untuk Layar Besar

Anom Penulis

Sebuah fitur untuk Android 12 yang bernama 12L meluncur agar tampilan antarmuka aplikasi bisa tampak lebih baik di perangkat dengan layar besar. Sehingga kamu mendapat pengalaman penggunaan aplikasi Android yang nyaman baik di tablet maupun laptop.

Pemakaian multi-devices kini memang sudah wajar. Kita bisa melompat dari smartphone, ke tablet atau laptop juga perlu. Bahkan aplikasi Android di Windows 11 pun bisa terjadi.

Ekosistem Android sendiri sudah meliputi tablet dan laptop melalui Chromebook. Untuk itulah Google merilis fitur 12L ini.

Google mengumumkannya melalui blog developer Android. Bersamanya, mereka juga mempersiapkan peralatan pengembangan aplikasi dan panduan agar para pengembang bisa memanfaatkan fitur ini pada aplikasi mereka.

Android 12L

Saat artikel ini ditulis, fitur Android 12L ini baru mulai masuk tahapan preview. Walau begitu, cukup menarik melihat apa saja yang mungkin terjadi. Google menyebutkan tampilan akan menyesuaikan sesuai layar baik untuk notifikasi, setelan cepat, layar kunci, layar utama, dll.

Salah satu contohnya adalah ketika aplikasi dibuka di perangkat dengan resolusi di atas 600p, maka tampilannya secara otomatis akan menjadi dua kolom.

Kemudian mereka juga membuat agar tampilan aplikasi bisa menyesuaikan dan berpindah dengan fleksibel saat multitasking di layar besar. Yah, fitur split screen yang lebih baik.

Akan ada taskbar (optional) muncul di perangkat besar, sehingga kamu bisa menggeser aplikasi untuk multitasking dengan dua apikasi di satu layar. Kamu juga bisa menukar posisi aplikasi.

Google menyebutkan kalau fitur Android 12L ini akan membuat pemakaian aplikasi di tablet atau ponsel lipat menjadi lebih enak. Harapannya, ketika tablet dan ponsel lipat Android 12 semakin banyak hadir, fitur ini sudah siap.

Salah satu kritik yang hinggap di tablet adalah banyaknya penerapan aplikasi yang belum menyesuaikan layar besar. Sehingga sekedar nampak seperti aplikasi smartphone yang dibesarkan. Dengan fitur ini, semoga saja pemakaian tablet Android jadi jauh lebih nyaman lagi.

    %d blogger menyukai ini: