Inilah Fitur Baru Windows 11, Termasuk Dukungan Aplikasi Android

Windows 11

Pada acara Windows Event tanggal 24 Juni 2021, Microsoft mengumumkan generasi terbaru sistem opersi miliknya. Windows 11 pun hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk dukungan untuk aplikasi Android.

Sebelum ini, ketika Windows 11 bocor, banyak yang menyebut kalau sistem operasi ini hanyalah Windows 10 yang mendapat wajah baru. Pertanyaannya, benarkah begitu?

Entah. Karena sistem opersi baru ini memang baru saja Microsoft umumkan, Bisa saja begitu, bisa juga tidak. Yang jelas, pada pengumumannya, ada banyak fitur yang cukup menarik kita bahas.

Fitur Baru Windows 11

Ada beberapa perubahan dan perkembangan yang hadir di versi terbaru Windows ini. Mungkin kamu sudah mengetahuinya jika mengikuti berita dunia teknologi. Anyway, inilah yang ada pada pengumuman Microsoft itu.

Logo Baru

Yah, yang satu ini mungkin bukanlah fitur. Tapi layak kita ketahui kalau Windows 11 punya logo baru. Gambar jendela yang miring di Windows 10 sekarang tegak lurus, sama seperti logo Microsoft (tapi warnanya beda).

Start Menu dan Taskbar Baru

Hal ini mungkin merupakan yang paling banyak dibicarakan ketika Windows 11 bocor. Ya, memang Microsoft mengubah letak ikon di taskbar ke tengah. Berdasar bocoran, letak ikon itu bisa kita pindah kembali ke pinggir bila suka. Namun Microsoft tidak menyebutkannya.

Hm, satu hal yang bikin saya penasaran, ke mana Recycle Bin? Yah, karena saya sendiri memindah Recycle Bin dari Desktop ke Taskbar supaya tampilan lebih bersih.

fitur start menu dan taskbar baru windows 11

Kemudian, Start Menu mendapat wajah baru. Sekarang Start menu terbagi empat bagian utama; paling atas adalah kotak pencarian, yang kedua tempat jajaran ikon aplikasi, ketiga tempat berbagai berkas yang kamu buka sebelumnya (termasuk dokumen yang kamu kerjakan di smartphone), dan paling bawah adalah tempat pengguna dan tombol power.

Pengaturan Jendela Baru

Sejak versi 8, Windows punya fitur bernama snap, yaitu kemampuan untuk menempelkan jendela aplikasi di tempat yang kita inginkan. Termasuk juga untuk menampilkan aplikasi berjejer. Kini mengatur jendela aplikasi dipermudah dengan Snap Layout, yang memberikan pilihan tata letak jendela aplikasi.

fitur snap layout windows 11

Lalu ada pula fitur baru bernama Snap Group di Windows 11. Fitur ini memungkinkan kita menggunakan tatanan jendela aplikasi yang kita gunakan sebelumnya dengan cepat. Termasuk ketika kita memakai layar ganda (misalnya laptop dan monitor eksternal) dan harus bergerak, Windows 11 menyimpan tatanan monitor eksternal di Taskbar, dan bisa memunculkannya sama persis ketika terhubung kembali dengan monitor.

Kemudian Windows 11 juga memiliki Desktop baru, yang memungkinkan kita punya pengaturan berbeda di masing-masing Desktop, termasuk dengan wallpaper dan tema berbeda. Misalnya satu Desktop untuk bekerja, satu Desktop untuk membaca berita, dan satu Desktop lain untuk gaming (sejujurnya saya sudah melakukan ini di Windows 10, tapi tentu saja tampilannya masih serupa).

Widget

Belum lama rasanya ketika Microsoft memberikan fitur Berita & Minat di taskbar Windows 10. Namun fitur itu nantinya akan pindah ke Widget, yang muncul di sisi kiri Desktop di Windows 11.

Di sini kamu bisa melihat berbagai informasi, seperti cuaca, berita, foto, kalender, tugas, dll. Yah, seperti widget di smartphone Android atau iOS. Widget ini juga bisa kamu lebarkan menjadi satu layar penuh.

Integrasi Aplikasi Teams

Sudah bukan rahasia lagi kalau Teams menjadi aplikasi pesan andalan Microsoft saat ini. Aplikasi itu memang berkembang pesat, terutama di era pandemi (bersaing dengan Zoom).

Kini di Windows 11, aplikasi Teams terintegrasi langsung, sehingga kamu bisa langsung mengakses percakapan yang ada dengan cepat di taskbar. Ketika kamu memilih salah satu percakapan atau membuat panggilan, baru aplikasi Teams sebenarnya terbuka.

Fitur Gaming Baru

Main game di komputer memang identik dengan Windows. Di Windows 11, Microsoft berniat membuatnya menjadi platform gaming yang lebih baik.

Pertama, Microsoft manambahkan fitur auto HDR untuk gaming seperti di konsol Xbox Series X pada Windows 11. Peningkatan kualitas grafis ini terjadi otomatis pada perangkat yang mendukungnya.

Kedua, Microsoft menambahkan fitur bernama DirectStorage (juga dari Xbox Series X), yang memungkinkan tampilan visual langsung diakses GPU tanpa membebani CPU. Dengan begitu, game bisa memiliki kualitas gambar lebih baik dan lebih cepat. Yah, tentu pada perangkat yang mendukungnya.

Ketiga, Microsoft juga membawa Xbox Game Pass untuk PC melalui aplikasi Xbox. Kalau kamu berlangganan, maka kamu bisa langsung memainkan berbagai game yang ada. Kelihatannya kalau kamu tidak berlangganan, kamu juga bisa membeli game itu dan memasangnya di PC (seperti Steam).

Windows Store Baru

Windows Store sering dianggap sebagai satu titik lemah. Karena kita terbiasa memasang aplikasi dari situs di luar dan ketersediaan aplikasi itu sendiri cukup kacau (kita harus bicara panjang soal format aplikasi untuk ini). Anyway, Microsoft berniat merubah hal itu.

Di Windows 11, tampilan bursa aplikasi pun baru. Lebih bagus dan enak dilihat. Selain itu Panos Panay juga berjanji akan memastikan semua (yah, sebagian besar mungkin) aplikasi akan hadir di sana. Salah satunya dengan mengumumkan kebijakan baru Microsoft yang mengijinkan pengembang aplikasi mengatur transaksi sesuai keinginan mereka (sedikit senggolan untuk Apple).

Dalam pengumuman Windows 11 ini, Panos Panay sedikit melakukan “one more thing.” Ia mengumumkan kalau aplikasi Android hadir di Windows 11, termasuk meletakkannya di Start Menu dan Taskbar, bahkan juga diatur memakai fitur baru Snap Layout.

Aplikasi Android itu akan hadir di Windows Store melalui Amazon App Store dan teknologi Intel Bridge. Sayangnya Microsoft belum menjelaskan lebih detil mengenai hal ini. Yang jelas, hal ini merupakan kejutan yang menarik.

[Update] Kelihatannya kamu harus memiliki akun Amazon untuk bisa mengakses aplikasi Android di Amazon App Store dan memasangnya di Windows 11.

Tanggal Rilis Windows 11

Windows 11 akan tersedia sebagai upgrade gratis bagi pengguna Windows 10 pada musim liburan akhir tahun. Namun untuk kamu yang tidak sabar ingin mencoba, Microsoft akan menghadirkan Windows 11 Insider Preview pada tanggal 28 Juni 2021.

Kamu bisa melihat berbagai fitur Windows 11 lebih jauh di situs resmi Microsoft. Kalau ingin menjadi salah satu yang mencoba, kamu bisa mendaftar di situs Windows Insider.

%d blogger menyukai ini: