Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Google Sajikan Fitur Shortcut di Google Chrome, Nyari Bookmark dll Lebih Gampang!

shortcut di google chrome
Sumber: Google Blog
Indri Penulis

Google hadirkan fitur shortcut di Google Chrome. Sekarang pengguna bisa temukan tab, bookmark sampai riwayat Chrome pakai shortcut.

Sebagai pengguna Chrome, kamu sering nggak sih kesulitan menemukan tab atau bookmark yang tersimpan di Chrome?

Kalau kamu sering mengalami kejadian seperti itu, ada kabar bagus nih. Sekarang Google resmi menghadirkan fitur shortcut di Google Chrome.

Kira-kira seperti apa cara kerja fitur shortcut di Chrome? Nah biar nggak penasaran, mari langsung saja kita simak cara kerja fiturnya dalam ulasan berikut ini.

Cara Kerja Fitur Shortcut di Google Chrome

Shortcut bekerja dalam bilah alamat / address bar Google Chrome. Dengan hadirnya dukungan ini, pengguna bisa mencari tab, bookmark sampai riwayat Chrome langsung dari address bar.

Saat ini, Google Chrome memiliki tiga shortcut pencarian situs yang langsung terpasang di address bar. Ketiga shortcut tersebut adalah @Tabs, @Bookmarks dan @History.

Shortcut @Tabs bisa kamu gunakan untuk mencari tab yang tersimpan di Chrome. Untuk menggunakannya, kamu cuma perlu mengetikkan ‘@Tabs’ di address bar. Setelah itu tulis nama tab yang ingin kamu cari di kolom Search.

shortcut di google chrome

Fyi, @Tabs bisa me-filter berbagai macam tab seperti hotel, aktivitas, pekerjaan, dll. Kalau dikombinasikan dengan grub tab, @Tabs diklaim bisa lebih mempermudah pekerjaan.

Sekarang kita pindah ke shortcut @Bookmarks. Kalau kamu pernah mem-bookmark situs beberapa bulan lalu dan sekarang ingin melihatnya kembali, shortcut @Bookmarks akan membantumu.

shortcut di google chrome

Dengan menggunakan @Bookmarks, kamu bisa temukan bookmark tertentu di antara semua folder bookmark. Tentunya semua itu bisa langsung dilakukan dari address bar.

Terakhir kita bahas soal shortcut @History. Sesuai namanya, shortcut ini bisa kamu pakai untuk membuka halaman History atau Riwayat Chrome. Jadi kamu nggak perlu klik menu Chrome untuk membuka halaman History.

shortcut di google chrome

Google Chrome saat ini mungkin cuma punya tiga shortcut default. Tapi yang menarik, kamu sebenarnya juga bisa bikin shortcut versimu sendiri lho.

Contohnya kamu punya situs favorit yang sering dikunjungi seperti YouTube atau Instagram. Nah, kamu bisa mengaktifkan shortcut penelusuran situs.

Baca Juga:  Google Hadirkan Cara Baru Buat Cari Info di Search & Lens 2022

Caranya gimana? Gampang, kamu tinggal buka Google searchEngines Settings atau klik URL ini. Setelah itu scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan bagian Site Search.

Di situ kamu akan menemukan rekomendasi website yang sering dikunjungi. Kalau misalnya website favoritmu tidak ada dalam daftar tersebut, kamu tinggal klik “Additional inactive sites.”

svg%3E

Lalu klik tombol “Activate” pada situs yang ingin kamu buatkan shortcut-nya. Sebagai contoh, di sini saya bakal mengaktifkan shortcut untuk situs YouTube.

Nah hasilnya, saya sekarang hanya perlu mengetik ‘@youtube’ di address bar. Lalu mengisi keyword video yang ingin saya tonton di kolom pencarian.

shortcut di google chrome

Nanti YouTube akan langsung menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Jadi saya nggak perlu repot-repot masuk ke situs YouTube untuk melakukan pencarian.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]