Google Mulai Uji Coba Monetisasi Iklan di YouTube Shorts

Indri Penulis

Ada kabar gembira buatmu yang suka bikin konten YouTube Shorts. Sebentar lagi YouTube Shorts bakal mendukung monetisasi lewat iklan.

YouTube memperkenalkan fitur Shorts pada tahun 2020. Fitur ini memungkinkan pengguna YouTube bikin konten video vertikal berdurasi pendek mirip TikTok dan Instagram Reels.

Walaupun berada di platform yang sama, sayangnya fitur Shorts nggak bisa dimonetisasi karena tidak dapat menghasilkan pendapatan iklan. Fitur ini cuma bisa dipakai konten kreator untuk menarik orang ke video YouTube reguler mereka.

Tapi itu dulu. Sekarang Google berencana untuk memonetisasi Shorts lewat iklan seperti yang ada di video reguler. Bahkan saat ini Google sudah mulai melakukan uji coba iklan di YouTube Shorts.

Dilansir dari XDA-Developers, Chief Business Officer Google, Philipp Schindler mengatakan kepada investor kalau uji coba terbatas sudah dimulai sejak tanggal 26 April 2022.

iklan youtube shorts

Sebagai bagian inti dari fase uji coba, Google saat ini sedang mencoba menyisipkan iklan untuk Shorts yang ada di aplikasi YouTube. Google juga mengatakan kalau mereka sedang menguji format iklan yang lain.

Dalam keterangannya Schindler mengatakan, “Meskipun masih dalam tahap awal, tapi kami didorong oleh umpan balik dan hasil pengiklan awal.”

Di sisi lain sebelum adanya pengujian iklan seperti saat ini, sebenarnya YouTube sudah pernah menawarkan ‘program dana akses terbatas’ untuk kreator Shorts. Waktu itu, YouTube menawarkan bayaran sampai $10.000 untuk channel terbesar.

Pesaing Shorts, TikTok sebelumnya juga pernah menyediakan dana kreator. Dana ini dipakai untuk memberi ‘penghargaan’ kepada kreator yang ada di AS, Inggris, Jerman, Italia, Prancis dan Spanyol. Tapi kabarnya, dana yang disalurkan ke kreator sangat sedikit.

Sementara itu, belum diketahui apakah Shorts bisa memberikan pendapatan bagi konten kreator, seperti AdSense di video YouTube tradisional atau tidak. Schindler tidak memberikan keterangan apapun soal itu.

    %d blogger menyukai ini: