Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

GPU Diskrit Intel Arc Meluncur Untuk Laptop, Tantang AMD dan NVIDIA

intel arc graphics
Anom Penulis

Intel mengumumkan produk terbarunya. GPU diskrit Intel Arc meluncur untuk memperkuat berbagai laptop. Sementara yang untuk komputer desktop akan menyusul musim panas tahun 2022.

Intel Arc ini merupakan GPU diskrit pertama dari keluarga Intel Arc Seri-A. Melalui situs resmi, Intel menyebutkan kalau berbagai teknologi baru pada GPU ini akan membantu pengguna membuat kreasi, main game, dan streaming tayangan dengan lebih baik.

popculture.id

Teknologi GPU Intel Arc

GPU ini menggunakan Xe High Performance Graphics microarchitecture (Xe HPG) yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan creator dan gamer. Di dalam mikro-arsitektur itu terdapat berbagai teknologi menarik.

  • Intel Xe Matrix Extensions (XMX) AI Engine yang dioptimalkan untuk DirectX 12 Ultimate dan dengan akselerasi perangkat untuk ray tracing. Teknologi ini mampu mengolah proses operasi AI 16 kali lebih cepat dari GPU tradisional.
  • Xe Super Sampling (XeSS) yang menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas gambar tanpa menurunkan performa (mirip seperti NVIDIA DLSS).

Kemudian GPU ini juga memiliki Xe Media Engine yang mampu mengantar konten berkualitas 8K. Selain itu, GPU ini menjadi yang GPU pertama yang memiliki dukungan AV1 hardware acceleration untuk melakukan encoding dan decoding lebih cepat dan punya kualitas lebih tinggi, tapi tetap memiliki bandwith yang sama.

Intel Arc juga memiliki Intel Deep Link technologies yang melalui Hyper Encode dan Hyper Compute memungkinkan akselerasi multi-engine dalam melakukan transcoding dan tugas AI. Hasilnya, GPU diskrit ini mampu bekerja dengan CPU Intel dan GPU terintegrasi secara lebih optimal.

Ketersediaan untuk Laptop

Intel menyebutkan kalau mereka sudah bekerjasama dengan berbagai pabrikan laptop untuk mengantarkan GPU terbaru ini. Berbagai laptop baru sudah siap meluncur dengan GPU Intel Arc dan prosesor Intel Core generasi ke-12, juga hadir sebagai platfom Intel EVO.

Ada beberapa kategori GPU untuk berbagai level laptop. Mirip seperti prosesor Intel Core, GPU ini hadir dalam varian Intel Arc 3, Intel Arc 5, dan Intel Arc 7. Tiap varian GPU memiliki tingkat performanya sendiri.

Tentu sangat menarik ya melihat bagaimana GPU dari Intel ini akan bersaing dengan GPU lain, seperti dari AMD dan NVIDIA.

    %d blogger menyukai ini: