NVIDIA DLSS Dongkrak Kualitas Game Crysis Remastered, The Fabled Woods, dan System Shock

NVIDIA sudah mengumumkan kalau teknologi DLSS hadir di game Crysis Remastered, The Fabled Woods yang segera hadir, juga bisa kamu rasakan di demo gratis System Shock. Kehadiran DLSS di tiga game itu menyusul dukungannya di game Nioh 2 – The Complete Collection, Mount & Blade II: Bannerlord, dan Unreal Engine 4 bulan kemarin.

Dukungan melalui plugin Unreal Engine 4.26 (UE4) ini membantu para pengembang game menambahkan teknologi itu pada game mereka. Buktinya, teknologi itu sudah ada di demo System Shock, juga akan tersedia di The Fabled Woods nantinya.

Soal Teknologi DLSS

Tapi, apa itu teknologi DLSS? Hm, sebenarnya kami pernah membahas hal ini ketika DLSS hadir di game Death Stranding. Tapi mari kita bahas lagi sekilas.

DLSS merupakan singkatan dari Deep Learning Super Sampling. Teknologi ini meningkatkan kualitas upscalling dengan cara merekonstruksi gambar secara real-time rendering melalui pengolahan resolusi gambar berbasis artificial intelligence (AI). Teknologi ini memanfaatkan prosesor Tensor Core yang ada di GPU GeForce RTX.

Secara sederhana, teknologi ini memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan frame rate dan kualitas gambar jadi lebih tinggi dengan performa yang lebih terjaga. Jadi kamu bisa mengatur kualitas gambar dan performa secara lebih optimal. Tentunya hal ini tergantung pada dukungan game yang bersangkutan.

Toh saat ini sudah banyak game yang mendukung teknologi DLSS. Mulai dari Cyberpunk 2077, Call of Duty: Black Ops – Cold War, Watch Dogs: Legion, Battlefield V, Monster Hunter World, Shadow of the Tomb Raider, Control, Wolfenstein Youngblood, Medium, Minecraft, Fortnite, dll.

Pengaruh di Game

Mungkin kamu yang main game di atas dengan PC yang memakai GPU GeForce RTX 30 Series sudah tahu rasanya. Tapi bagaimana pengaruhnya pada game yang baru mendapat dukungan ini?

System Shock (Demo Gratis)

System Shock adalah game yang hadir pertama kali pada tahun 1994. Game ini memberi pengaruh besar pada permainan petualangan imersif yang kemudian mendorong lahirnya game seperti Deus Ex, Thief, dan BioShock. Night Dive Studio kini membuat ulang game ini memakai Unreal Engine 4 dan mendapat dukungan NVIDIA DLSS.

Hebatnya, dengan DLSS ini, PC dengan GeForce RTX 30 Series mampu memainkan System Shock pada resolusi 4K pada 120 fps. Dengan resolusi 2560×1440, permainan bisa dilakukan pada 144 fps, bahkan sampai 240 fps. Kamu yang memiliki GeForce RTX 2060 bahkan bisa menikmati game ini pada resolusi 4K dengan nyaman. Ingin merasakannya sendiri? Silakan download demo System Shock.

The Fabled Woods

The Fable Woods adalah sebuah game aksi petualangan buatan CyberPunch Studio dan dipublikasikan oleh Headup Games. Game ini sudah dirilis pada tanggal 25 Maret lalu.

Dengan dukungan DLSS, PC dengan GPU GeForce RTX 3070 dan yang lebih tinggi mampu memainkannya pada setelan maximal beserta semua efek ray tracing, pada 60 fps di resolusi 3840×2160. Peningkatan performanya pada kualitas 4K ini mencapai 1,6 kali lipat.

Kalau kamu penasaran dengan game ini, sekarang The Fabled Woods sudah tersedia di Steam. Cek di sini

Crysis Remastered

Pada saat dirilis pertama kali di tahun 2007, Crysis menjadi simbol puncak pencapaian game FPS. Tuntutan spesifikasinya yang tinggi bahkan sampai memunculkan meme “But can it run Crysis?” di kalangan PC gamers.

Kini Crytek sudah meluncurkan Crysis Remastered. Lalu PC dengan GeForce RTX dan teknologi DLSS, bukan hanya mampu menjalankannya, tapi juga membuat Crysis Remastered lebih baik. Petualangan berjalan aksi lebih cepat, lebih halus, juga lebih nyata dengan efek ray tracing.

%d blogger menyukai ini: