Diskon VPN terbaik: Klik di sini

GPU Turbo Bikin Main Game di Handphone Lebih Asik

gpu turbo huawei nova 3

Salah satu faktor yang mendukung rumor handphone game Huawei adalah teknologi baru yang disebut GPU Turbo. Tapi apa sebenarnya teknologi itu? Bagaimana ia bisa membantu saat kita main game di handphone?

GPU merupakan singkatan dari Graphic Processing Unit. Komponen ini berguna untuk meningkatkan dan mempercepat proses pengolahan gambar yang akan tampil di layar. Di handphone, komponen ini menjadi bagian dari chipset atau SoC (system on a chip).

Kamu bisa melihat jenis atau informasi GPU di tiap spesifikasi handphone. Chipset Snapdragon biasanya memiliki Adreno sebagai GPU, lalu Exynos dan Kirin memiliki Mali sebagai GPU-nya.

[irp posts=”55068″ name=”Huawei Berencana Letakkan Kamera Di Layar Handphone”]

Biasanya ada pengembang game bekerja sama dengan manufaktur chipset. Mereka melakukan optimalisasi khusus pada game agar bisa berfungsi baik (dengan chipset dan GPU tertentu). Masalahnya, optimalisasi ini tidak bekerja di semua handphone.

Walau duluย gaming bukanlah tradisi Huawei, raksasa dari Cina ini ingin menjamin kepuasan penggunanya. Sehingga semua handphone Huawei (dan juga Honor yang ada di bawah bendera Huawei) bisa menyajikan pengalaman bermain yang lebih baik.

ilustrasi GPU Turbo
Ilustrasi cara kerja GPU Turbo (foto: Honor)

GPU Turbo melakukan rekonstruksi cara kerja GPU sehingga koordinasi antara perangkat keras dan lunak jadi lebih optimal. Huawei menyebutkan kalau performa chipset bisa meningkat sampai 60%. Di sisi lain, penggunaan daya bisa berkurang sampai 30%.

Salah satu keuntungan dari peningkatan performa ini adalah handphone bisa mencapai kualitas gambar lebih baik. Huawei bahkan menyebutkan kalau dengan teknologi ini, handphone yang tidak memiliki dukungan gambar HDR bisa mendapat kualitas gambar yang hampir setara dengan handphone yang mendukungnya.

Selain itu, GPU Turbo juga bisa mengenali berbagai skenario efek gambar. Sehingga tanpa bantuan dari pengembang game yang bersangkutan, proses pengolahan gambar bisa tetap berjalan dengan baik. Teknologi ini juga dikembangkan untuk game augmented reality, virtual reality, atau tampilan 3D.

Saat ini, teknologi GPU Turbo mulai hadir di berbagai handphone Huawei dan Honor. Salah satunya di jajaran handphone Huawei Nova 3 yang akan segera hadir di Indonesia (kelihatannya yang versi Nova 3i).

Sumber: Honor 1 & 2

More Stories
Lagi, Facebook Kehilangan 1 Juta Pengguna Karena Dampak Internet