Penuh Kontroversi, Kini GTA Trilogy Bisa Kamu Beli dan Mainkan di PC!

Indri Penulis

Kabar bagus buatmu yang sudah menantikan game GTA Trilogy. Sekarang game GTA Trilogy sudah bisa kamu beli dan mainkan di PC setelah sempat ditarik.

Setelah diumumkan beberapa bulan lalu, game GTA: The Trilogy – The Definitive Edtion akhirnya resmi rilis di PC, konsol dan perangkat seluler, pada tanggal 11 November 2021.

GTA: The Trilogy – The Definitive Edtion sendiri merupakan versi remastered dari 3 game klasik GTA yakni Vice City, GTA 3 dan San Andreas.

Perilisan versi Trilogy ini jadi kontroversi di antara penggemar GTA. Peluncuran game itu sendiri nggak terlalu berjalan mulus, khususnya peluncuran game GTA Trilogy di platform PC.

Game tersebut ternyata masih punya beberapa file musik yang nggak berlisensi. Selain itu beberapa gamer juga menemukan masih adanya script game lengkap dengan notes dari developer, sampai file yang berkaitan dengan mini-game ikonik yakni ‘hot coffee’ di dalam sana.

Karena kejadian yang cukup ‘memalukan’ itu, Rockstar akhirnya memutuskan untuk menarik game tersebut dari platform PC. Imbasnya selama 3 hari, game tersebut nggak bisa dibeli atau dimainkan. Bahkan akses ke Rockstar Games Launcher di PC juga sempat dihentikan sementara.

Tapi untungnya hari ini kejadian menyebalkan itu sudah teratasi. Sebab baru-baru ini akun Twitter dari Rockstar Support resmi mengumumkan kalau sekarang game Grand Theft Auto: The Trilogy – The Difinitive Edition sudah tersedia lagi lewat Rockstar Games Launcher.

Namun walau pun game ini sudah kembali hadir dan bisa dibeli lagi buat pengguna PC, tapi hal tersebut belum bisa menjamin apakah akan ada banyak gamer yang masih mau membeli game ini.

Pasalnya ada banyak banget isu soal buruknya kualitas GTA Trilogy, meski dia dimainkan di PC berspesifikasi tinggi dan console next-gen.

Bahkan baru-baru ini saking jengkelnya gamer dengan GTA Trilogy, banyak gamer yang memberikan ulasan negatif di situs Metacritric.

Pada tanggal 14 November 2021, game ini sudah mendapat 2000 lebih ulasan negatif. Dilansir dari situs Euro Gamer, 2054 ulasan diberikan oleh gamer PC.

Sedangkan untuk skor gabungannya adalah 0,5. Lalu saat gamer PS5 ikut memberikan ulasan negatif, skor buruk pun akhirnya bertambah jadi 1,0.

Edisi definitif yang disebut ini adalah salah satu remaster paling menyedihkan sepanjang masa, terutama mengingat betapa menakjubkannya Rockstar dulu. Mereka adalah yang teratas. Mereka yang terbaik yang pernah ada. Mereka menunjukkan kepada pengembang lain apa yang bisa dilakukan. Aku cuma nggak percaya kalau Rockstar akhirnya akan seperti ini,” tulis salah satu gamer.

Bahkan sampai sekarang nggak sedikit gamer yang melakukan refund terhadap game tersebut, sebab mereka merasa kecewa dan kualitas yang disajikan game sama sekali nggak worth it dengan harganya (iRp 829.000).

Rockstar pun akhirnya memberikan solusi buat masalah tersebut. Rockstar mengarahkan gamer yang ingin refund ke situs web dukungannya. Tapi anehnya di halaman tersebut nggak ada enti untuk GTA: The Trilogy – The Definitive Edition, dan yang ada cuma entri untuk game individunya saja.

Lalu apa yang harus dilakukan di halaman tersebut? Di sana gamer hanya perlu mengirimkan tiket web yang berisi alamat email pesanan, tanggal pembelian, dan nomor pesanan Rockstar. Kalau mau, gamer juga bisa mengisi alasan ingin minta refund di kolom deskripsi yang ada di sana.

Belum jelas berapa lama dana bakal dikembalikan. Situs dukungan Rockstar cuma memiliki perkiraan waktu respon 1 x 24 jam. Yah, itu pun kalau staf Rockstar nggak kelabakan mengurus proses refund dari ribuan gamer.

Kalau kamu gimana, udah sempat beli game ini dan memainkannya? Benar seburuk itu kah GTA Trilogy?

    %d blogger menyukai ini: