4 Hal yang Tidak Seharusnya Kamu Posting di Media Sosial

Bebicara perihal media sosial, tentu hal ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Hampir semua orang di dunia ini menggunakan media sosial setiap harinya.

Media sosial ini sudah dimiliki hampir semua orang yang memiliki smartphone. Bahkan sekarang, bayi baru lahir pun sudah memiliki akun media sosial Instagram yang berisi foto-foto perkembangannya sejak lahir.

Banyak orang yang sudah mulai kecanduan menggunakan media sosial, hal ini dibuktikan dari kebiasaan orang-orang yang sering memposting apapun di Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Melihat hal tersebut mungkin terdengar sangat wajar, karena platform-platform media sosial ini memang tak membatasi penggunanya untuk posting berbagai hal.

Namun itu semua bukan berarti kamu bisa memposting apa saja sesukamu, alangkah baiknya untuk tetap selektif dalam memposting apapun.

Dan ini adalah 4 hal yang tidak seharusnya kamu posting di media sosial.

Screenshot percakapan pribadi

Sumber Gambar : kaskus.co.id

Apapun yang berhubungan dengan hal pribadi, tentu tak seharusnya diumbar begitu saja, apalagi di posting di sosial media.

Sekarang, banyak sekali orang-orang yang sering memposting sreenshot percakapan pribadinya di instastory.

Meskipun dengan tujuan untuk lucu-lucuan saja, namun menyebarkan percakapan pribadi apalagi tanpa izin adalah hal yang menyebalkan. Karena tanpa sadar kamu sudah mengganggu privacy teman-temanmu.

Lagipula jika kalian ingin semua orang melihat obrolan pribadi kalian, kenapa harus melakukan obrolan di DM atau Whatsapp? Mengapa tak sejak awal melakukan obrolan di kolom komentar saja?

Mengundang orang di media sosial untuk bertemu

Sumber Gambar : Shopify

Tak ada yang tahu niat orang sebenarnya di media sosial. Memang tak semua orang di media sosial itu jahat, namun tak semua orang di media sosial juga baik.

Jadi kamu tetap harus berhati-hati dalam memposting hal apapun, namun sayangnya banyak orang yang masih belum mengerti cara menggunakan media sosial dengan baik.

Lewat statusnya di media sosial, seringkali banyak orang mengundang teman-temannya di dunia maya untuk bertemu atau hangout bersama.

Jika kamu merasa kesepian karena semua temanmu lagi sibuk dan tak bisa dihubungi, tetap tak seharusnya kamu seenaknya saja mengajak orang lain yang hanya kamu kenal dari dunia maya untuk bertemu.

Apa jadinya jika orang tersebut ternyata memiliki niat buruk padamu? Lalu siapa yang akan bertanggung jawab?

Nah maka dari itu, tak peduli seberapa bosan dirimu, kamu tetap harus memikirkann keselamatan dirimu. Jangan asal mengajak bertemu orang yang belum kamu kenal.

Alamat dan nomor telepon pribadi

Sumber Gambar : unsplash.com/Jonatham Kemper

Alamat dan nomor telepon pibadi adalah dua hal yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial, karena ini bisa saja mengundang bahaya untuk dirimu.

Seseorang yang tidak bertanggung jawab bisa saja menggunakan informasi pribadimu untuk kepentingan pribadinya.

Dan lebih parahnya lagi, mungkin mereka akan menggunakan nomer di media sosial untuk menerormu atau memerasmu.

Gimana masih tertarik share nomer di media sosial?

Memposting terlalu banyak selfie

Sumber Gambar : Sydney Morning Herald

Sebenarnya tak ada larangan untuk memposting foto berapapun kamu mau, namun memposting foto lebih dari 3 foto denggan pose yang nyaris sama secara berurutan, hanya akan membuat orang merasa terganggu.

Selain untuk melihat foto orang-orang, seseorang  menggunakan media sosial juga untuk mencari informai yang lainnya.

Jika kamu memposting foto secara terus menerus, maka orang lain akan kesulitan untuk menemukan postingan lain yang mereka butuhkan.

Kemungkinan terburuk, orang tersebut akan menghapus kamu dari daftar orang yang diikutinya atau bahkan memblokir akunmu, karena dinilai mengganggu sekali.

Nah, itulah beberapa hal berbahaya yang tidak seharusnya kamu posting di media sosial. Mulai sekarang, yuk gunakan media sosial dengan lebih bijak ya.