Halaman ‘Mengikuti’ di Instagram Sudah Tidak Ada Lagi

instagram for android
Anom Penulis

Instagram melakukan perubahan di dalam aplikasinya. Kalau kamu perhatikan, halaman ‘Mengikuti’ atau ‘Following’ sudah tidak ada lagi di aplikasi Instagram.

Halaman ‘Mengikuti’ ini biasanya ada di bagian dengan logo hati . Bagian ini dulu memiliki dua halaman. Yang satu ‘Aktivitas’ dan yang satu lagi ‘Mengikuti’.

Halaman ‘Aktivitas’ menunjukkan pemberitahuan soal siapa teman yang menyukai dan berkomentar pada kontenmu, sedangkan halaman ‘Mengikuti’ ini menunjukkan aktivitas temanmu. Aktivitas itu meliputi menyukai, berkomentar, baru mengikuti pengguna lain.

Halaman ‘Mengikuti’ ini sudah hadir di aplikasi Instagram sejak tahun 2011. Jauh sebelum halaman ‘Jelajahi’ atau ‘Explore’ hadir. Tujuan halaman ini hadir adalah untuk memperkenalkan konten baru yang mungkin menarik bagimu (karena temanmu berinteraksi dengannya).

Tapi di sisi lain, halaman ini punya sisi agak “mengerikan”. Karena sebenarnya fitur ini agak sedikit melanggar privasi. Temanmu bisa melihat aktivitasmu di Instagram. Aktivitas yang kadang tidak perlu diketahui banyak orang. Jadi, tidak jarang halaman ini dipakai untuk “stalking“.

Apalagi saat ini fitur tersebut sudah tidak relevan. Tentunya karena sudah ada halaman ‘Jelajahi’. Kamu bisa menemukan konten baru dengan lebih mudah di sana.

halaman mengikuti instagram dihapus

Vishal Shah, Pimpinan Divisi Produk Instagram, juga menyebutkan kalau fitur ini termasuk yang jarang dipakai oleh pengguna. Bahkan mereka menduga para pengguna tidak sadar kalau ada halaman ini.

Memang, saat ini aplikasi Instagram boleh dibilang sudah penuh sesak dengan fitur. Begitu banyaknya sampai mungkin kamu tidak sadar dengan beberapa fitur atau setelan lama. Di samping itu, Instagram pun memiliki aplikasi sampingan seperti IGTV dan Threads yang lebih baru.

Hm, akui saja, dengan dihapusnya halaman ‘Mengikuti’ ini, kita jadi lebih bebas. Kamu bisa menyukai foto atau video cowok atau cewek cakep di Instagram sesukamu, tanpa kuatir malu diketahui teman-temanmu. Betul kan?

    %d blogger menyukai ini: