Handphone High-end Lama Yang Layak Dibeli

Last updated:

Membeli handphone high-end keluaran terbaru memang nampak bergengsi. Namun kalau kita mau sedikit bijaksana, membeli handphone high-end lama keluaran tahun lalu pun menguntungkan.

Smartphone flagship, walaupun sudah lewat masa jayanya, tetap saja sebuah handphone high-end. Handphone ini masih memiliki fitur yang mungkin tidak kamu dapatkan di handphone kelas menengah-atas baru, yang mungkin punya harga tidak jauh berbeda.

Oleh karena itu, perlu kiranya membandingkan harga dan spesifikasi, termasuk juga kebutuhan. Bahkan, kalau kamu termasuk yang jeli membeli handphone bekas, bisa jadi kamu mendapat harga relatif murah dengan barang yang masih bagus.

Yuk, kita lihat handphone high-end lama apa yang masih menarik untuk dibeli.

Samsung Galaxy S10e

varian samsung galaxy s10

Ponsel Samsung Galaxy S10e mungkin tidak secanggih saudaranya. Namun ponsel ini masih memiliki berbagai keunggulan dari seri itu. Misalnya punya layar Dynamic AMOLED HDR10+, sertifikasi tahan air dan debu IP68, audio setelan AKG, dan masih punya colokan audio.

Lalu, Samsung sudah memperbarui kebijakan pembaruan Android mereka yang kini sampai 3 tahun, termasuk untuk seri Galaxy S10. Artinya, Ponsel Samsung Galaxy S10e ini masih sangat relevan dengan kondisi hari ini. Sungguh layak dipertimbangkan.


iPhone X

iPhone X

iPhone X memang hadir sudah lama, yaitu tahun 2017. Namun Apple terkenal punya chipset yang unggul, efisiensi sistem operasi yang baik, dan dukungan update yang luar biasa. Sebagai contoh, iPhone X masih mendapatkan pembaruan iOS 14.

Kamu pun masih bisa menikmati beberapa fitur seru, seperti layar OLED HDR10, sertifikasi tahan air dan debu IP67, dan mencicip otentikasi biometrik wajah Face ID. Yah, kalau kamu punya dana lebih, beli iPhone versi lebih baru tentu lebih oke.


Mi 9

Xiaomi Mi 9 adalah smartphone yang rilis pada bulan Februari 2019. Namun ponsel ini masih mendapat update MIUI 12 dengan Android 10 dan nantinya akan mendapat Android 12.5 dengan Android 11. Jadi, masih cukup kekinian.

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 juga masih relevan. Ada Snapdragon 855, tiga kamera belakang (utama: 48MP), sensor sidik jari di layar, dan baterai dengan fast charging 27W (sayangnya kapasitasnya “hanya” 3300mAh).

%d blogger menyukai ini: