Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Fitur Yang Diharapkan Ada di ZenUI Versi Baru

asus zenfone 5z in hand
Anom Penulis

Setelah membahas fitur ZenUI favorit, kini giliran yang sebaliknya. Fitur berikut kami harapkan ada di ZenUI dan semoga ada di versi baru nantinya.

Harap diingat, artikel ini kami tulis sebelum kami menerima update Android 9 Pie di ASUS Zenfone 5Z dan masih ZenUI 5. Jadi kalau sudah ada yang berubah, harap maklum.

popculture.id

1. Mode Gelap (Dark Mode)

ZenUI dengan mode gelap merupakan salah satu yang paling banyak diharapkan. Terutama yang menyeluruh (system wide). Termasuk di bilah navigasi, setelan cepat (quick setting), notifikasi, halaman setelan, dll.

Mode gelap ini bisa hadir sebagai pilihan pengguna, atau otomatis. Karena sekarang sudah jaman AI, kelihatannya sudah layak kalau bisa mengubah mode tampilan berdasar warna wallpaper atau berdasar waktu (kalau malam berubah pakai dark mode).

Saat ini, yang cukup mengganggu adalah ketika memakai tema gelap di keyboard. Saat mengetik, terlihat bilah navigasi berwarna putih (kalau bilah tidak disembunyikan). Tampilan jadi kurang selaras.

perbandingan navigation bar
Perbandingan bilah navigasi Android murni dengan ZenUI 5 dengan keyboard SwiftKey

2. Memilih Ikon Alternatif dari Icon Pack

ZenUI merupakan salah satu sistem antar-muka Android yang mengijinkan kita menggunakan icon pack dari Play Store. Tapi penggantian ini masih secara global. Jadi semua berganti otomatis. Padahal icon pack biasanya memiliki ikon alternatif untuk aplikasi tertentu.

zenui tidak bisa pilih ikon
Tidak bisa memilih ikon alternatif

3. Gestur di Navigasi dengan Tampilan Pil

Android 9 Pie menggunakan cara navigasi baru, yaitu dengan gestur. Ikon yang ada di bilah navigasi pun berubah menjadi bentuk pil. ZenUI yang saat ini ada di Android 8 Oreo pun sudah mendukung navigasi dengan gestur. Namun bilah navigasi tersembunyi. Saat kita menggunakan gestur, kita harus geser ke atas dari batas bawah layar, lalu geser ke kanan-kiri untuk pilihan tindakan (kembali atau aplikasi terakhir).

Walau hal itu bukan masalah, namun tampak kurang informatif dari sisi tampilan (tidak terlihat perbedaan dengan menyembunyikan bilah navigasi). Lalu, tampilan bilah navigasi jadi menumpuk dengan ikon aplikasi. Selain itu, gestur juga membutuhkan dua aksi (geser atas dan kanan-kiri).

navigasi dengan gestur di zenui
Navigasi dengan gestur di ZenUI

Kalau ada tampilan pil di bilah navigasi — sekaligus jadi bidang geser — pengguna lebih mudah mengenali dan menggunakannya. Yah, seperti di Android 9 Pie, iOS, atau seperti aplikasi gestur dari XDA Developer.

Yah, mari kita lihat nanti setelah update Android 9 Pie.

4. Menambah Kotak Google Search di Dock

Saya ingin aplikasi yang seing dipakai selalu mudah diakses. Termasuk Google Search. Ya, karena akan memudahkan aksi cepat. Biasanya saya menggunakan Nova Launcher untuk memindah Google Search ke dock Android bersama aplikasi penting lain. Dengan begitu saya bisa cepat menekan bidang pencarian itu.

Aslinya fitur ini merupakan kekhasan Pixel Launcher yang ada di handphone Google Pixel. Tapi kalau ZenUI memiliki fitur ini, pasti akan lebih menyenangkan. Apalagi kalau bisa transparan seperti Nova Launcher.

perbandingan layar utama
Perbandingan letak Google Search

    %d blogger menyukai ini: