Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Harmony OS 2.0 Huawei akan Menyasar Smartphone & Tetap Berbasis Android

Indri Penulis

Huawei diprediksi akan segera merilis Harmony OS 2.0. Dari rumor yang beredar, OS ini bakal menyasar smartphone dan masih berbasis Android.

Perusahaan Huawei memang sudah lumayan lama berpisah dari Google, terlebih sejak adanya tekanan dari Pemerintah AS. Sejak berpisah dengan Google, Huawei mulai membangun ekosistem aplikasi dan layanan Android mereka sendiri.

popculture.id

Raksasa teknologi asal China ini juga telah mengerjakan OS-nya sendiri untuk menggantikan Android. Setelah sebelumnya ada Harmony OS, kini Huawei dikabarkan sedang mempersiapkan Harmony OS 2.0 yang khusus diperuntukkan untuk smartphone.

Bocoran Sistem Operasi Huawei Harmony OS 2.0

Dilansir dari Slashgear, perusahaan baru-baru ini telah membuka pintu untuk pengembang mobile. Pengembang-pengembang ini diajak untuk menguji coba versi beta dari Harmony OS 2.0.

Berbeda dengan Harmony OS (versi pertama) yang mendarat di perangkat keras IoT seperti smart TV, versi 2.0 bakal menyasar smartphone.

Lalu bagaimana ulasan pengembang soal Harmony OS 2.0? Hm.. Hasilnya bisa dibilang agak mengecewakan bagi sebagian pihak.

Buat mereka yang menginginkan OS mobile yang benar-benar bisa menyaingi Android dan iOS, maka Harmony OS 2.0 tidak akan masuk dalam daftar. Kenapa?

Sumber Gambar : Slashgear

Karena menurut penguji, OS anyar ini masih ‘sangat mirip’ dengan Android. Baik itu dari segi tampilan maupun struktur internal. Yah, bagaimanapun sistem ini masih berbasis Android.

Walau pun tidak menyajikan kejutan, namun kita tidak boleh langsung mengabaikan Harmony OS. Masih ada kemungkinan lain. Siapa tahu, kejadian ini hanya berlaku pada tahan uji beta saja.

Hm… Atau mungkin, Huawei ingin menjadikan ini sebagai batu loncatan. Mereka berencana menciptakan sesuatu yang ‘unik’ lewat versi 3.0 nantinya. Membuat sistem operasi memang tidak sederhana, dan langkah Huawei dengan Harmony OS masih panjang.

    %d blogger menyukai ini: