Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

HDR Photo Camera: Memotret Lebih Tajam

Anom Penulis

hdr photo camera windows phone

Aplikasi HDR Photo Camera memang bukan aplikasi baru. Aplikasi fotografi ini sudah hadir di Windows Phone cukup lama, mendapat banyak review dan rating yang baik.

popculture.id

Seperti namanya, HDR Photo Camera membawa teknik HDR ke ponsel Windows Phone kita. Untuk yang belum tahu apa itu, HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Yaitu sebuah teknik untuk mendapat foto dengan jangkauan pencahayaan yang lebih baik. Teknik ini biasanya menggunakan beberapa foto (dengan obyek sama) yang memiliki tingkat pencahayaan (EVexposure value) berbeda, dan menggabungkannya. Hasilnya? Foto bisa terlihat lebih tajam.

viewer hdr photo camera

HDR Photo Camera akan mengambil foto sebanyak 3 kali. Walaupun aplikasi ini sudah dilengkapi dengan algoritma penyelarasan anisotropic (koreksi gambar kalau ada sedikit perbedaan) untuk mengindari gambar blur (dan rata-rata ponsel Lumia dilengkapi dengan Optical Image Stabilization), sangat disarankan supaya tangan kita tetap diam saat memotret. Tentu saja, selain supaya tidak kabur, juga tidak ada bias cahaya yang mengganggu di hasil foto kita.

Perangkat HDR Photo Camera dilengkapi dengan beberapa pilihan, seperti single frame (non-HDR), HDR, Manual (mengatur EV sendiri), dan bracketing (mengambil beberapa foto dengan EV berbeda, tapi belum digabungkan). Selain itu, ada juga pilihan flash, timer (pengambilan foto otomatis dengan waktu, yaitu 5 detik dan 10 detik), dan aspect ratio (ukuran lebar x tinggi gambar).

tampilan hdr photo camera

Pilihan tersebut tentu saja berguna agar kita bisa menggunakan aplikasi ini secara optimal, sesuai kebutuhan atau kesukaan kita. Silakan bereksperimen untuk menemukan hasil foto terbaik atau gaya fotografimu sendiri.

Kalau suka pengaturan yang lebih otomatis, kita bisa menemukan beberapa pengaturan lain di bagian setting. Misalnya untuk rentang/selisih EV. Kita bisa mengatur pencahayaan over dan under berapa stop. Pilihan untuk tampilan panduan memotret pun ada, seperti panduan grid untuk komposisi dan virtual horizon (kemiringan permukaan).

setting hdr photo camera

Aplikasi ini memiliki penyimpanan untuk foto asli. Jadi kalau kita menggunakan HDR atau bracketing, kita masih bisa melihat hasil masing-masing set (3 foto). Kita bisa memilih apa yang akan kita lakukan dengan foto tersebut, atau mengulang kalau hasilnya tidak memuaskan.

Kalau dengan teknik bracketing, maka kita bisa memilih untuk menjadikannya HDR dengan fungsi fuse. Yang akan tersimpan di Camera Roll adalah hasil dari fuse tersebut. Kalau kita sudah memilih memotret dengan mode HDR, secara otomatis foto tersebut sudah langsung tersimpan di Camera Roll.

fuse hdr photo camera

Apa hanya sampai di situ? Tunggu dulu. Aplikasi foto ini masih punya sedikit tambahan. Kita juga bisa mengedit hasil foto. Baik pencahayaan–kontras, terang-gelap, dan saturasi (kepekatan warna)– atau menambakan filter. Tapi filternya rata-rata yang berhubungan dengan teknik HDR. Untuk yang lain, cukup standar. Yang agak menyebalkan, tulisan di edit foto kurang jelas.

Oya, penggunaan filter foto–atau tepatnya menyimpan foto setelah menggunakan filter–hanya bisa dilakukan di aplikasi HDR Photo Camera versi berbayar. Hm… Cukup layak kok. Hasilnya ciamik.

edit hdr photo camera

Foto HDR memang sempat tren, dan kelihatannya masih disukai. Kalau kamu suka, mungkin David Hill adalah referensi yang oke (tentu saja kameranya beda :D). Toh dengan aplikasi HDR Photo Camera, kita bisa mencoba untuk membuat sesuatu yang mirip. Cukup memuaskanlah. Apalagi kalau kamu pengguna ponsel Lumia. Yah, sembari menunggu Lumia Denim yang membawa HDR sebagai fitur bawaan.. Digabung dengan aplikasi edit foto seperti AfterLight, fotonya juga pasti lebih cantik.

Aplikasi ini hadir dalam 2 versi, yang berbayar dan yang gratis. HDR Photo Camera bekerja di Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1.

Download:

QR Code:

qr code hdr photo camera
HDR Photo Camera
qr code hdr photo camera lite
HDR Photo Camera Lite

    %d blogger menyukai ini: