Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Heboh Perintah Apple Hey Siri Bakal Ganti, Cuma Jadi “Siri” Aja!

perintah apple hey siri
Sumber: 9to5mac
Indri Penulis

Jagat maya sedang heboh karena perintah Apple Hey Siri akan diganti. “Hey Siri” rencananya akan diganti jadi “Siri” supaya lebih simpel.

Siri adalah asisten virtual besutan Apple yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Asisten virtual ini bisa membantu pengguan dalam mengoperasikan perangkat Apple. Contohnya membantu memutar lagu, membuka aplikasi, dll.

Untuk memanggil asisten virtual tersebut, pengguna harus mengucapkan “Hey Siri.” “Hey Siri” adalah ucapan yang cukup simpel. Ibaratnya seperti kita sedang memanggil orang lain dengan tambahan kata ‘hey’ sebelum nama.

Tapi bagi Apple, sepertinya ucapan “Hey Siri” masih kurang simpel. Makanya muncul kabar bahwa perintah Apple Hey Siri akan diganti menjadi lebih simpel.

Perintah Apple Hey Siri Diganti Jadi “Siri” Aja

Kabar ini berasal dari Mark Gurman, Bloomberg (via Macrumors). Gurman mengatakan bahwa Apple saat ini sedang mengembangkan pengalaman Siri yang lebih baru.

Salah satu pembaruan yang nantinya akan terjadi di Siri adalah metode pemanggilannya. Dari yang awalnya “Hey Siri,” nantinya pengguna cukup mengucapkan “Siri” saja.

perintah apple hey siri
Sumber: 9to5mac

Gurman juga menambahkan bahwa pembaruan tersebut akan diluncurkan paling cepat tahun depan. Atau kalau masih ada kendala, pembaruan baru bisa diluncurkan di tahun 2024.

Perusahaan (Apple) sedang mengerjakan inisiatif untuk menghilang ‘Hei’ di frasa pemicu Siri. Sehingga pengguna hanya perlu mengatakan ‘Siri’ bersama dengan perintah lanjutan,” kata Mark Gurman.

Walaupun itu cuma seperti perubahan kecil, tapi hal tersebut menjadi tantangan teknis. Dibutuhkan pelatihan AI dan pekerjaan teknik yang sangat besar untuk merampungkannya. Kompleksitasnya melibatkan Siri untuk bisa memahami frasa tunggal ‘Siri’ dalam berbagai aksen,” lanjut Gurman.

Lebih lanjut, Gurman juga melaporkan info lain soal pembaruan Siri yang sedang dikerjakan Apple. Konon, Apple berencana mengintegrasikan Siri ke dalam layanan dan aplikasi pihak ketiga. Tujuan Apple adalah supaya Siri bisa membantu pengguna dalam lebih banyak konteks.

Baca Juga:  Apple Gandeng LG Bikin iPad dan MacBook dengan Layar OLED Lipat

Kalau Siri bisa terintegrasi ke lebih banyak layanan dan aplikasi pihak ketiga, hal tersebut akan memberi banyak keuntungan ke pengguna. Kenapa begitu?

Pengguna jadi bisa lebih terbantu dalam mengoperasikan suatu layanan/aplikasi pihak ketiga deh. Apalagi untuk orang super sibuk yang susah megang ponsel lama-lama. Keberadaan asisten virtual seperti Siri tentu akan sangat membantu.

Sayangnya belum jelas kapan integrasi tambahan untuk Siri akan diluncurkan. Sampai sekarang Mark Gurman masih belum membocorkan kapan waktu pastinya. Jadi kita tunggu saja update resmi dari Apple.

Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected] Jangan lupa baca artikel lain seputar Apple dari Indri ya.


Sumber:

  • Perintah Apple Hey Siri Diganti Jadi “Siri” Aja – https://www.macrumors.com/2022/11/06/gurman-siri-trigger-phrase/