Honor Magic V Resmi Rilis dengan Spesifikasi yang “Another Level”

Indri Penulis

Honor Magic V akhirnya resmi rilis. Kini Honor Magic V secara resmi menjadi ponsel lipat pertama di dunia dengan spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1.

Kalau beberapa tahun lalu industri ponsel lipat masih didominasi oleh Samsung dan disusul oleh Huawei, semakin ke sini kita bakal melihat lebih banyak perusahaan yang akhirnya mendebutkan ponsel layar lipat mereka. Katakanlah seperti Xiaomi (Mi MIX Fold) dan OPPO (OPPO Find N).

Perusahaan lain seperti Honor juga tak mau ketinggalan. Awal tahun 2022 ini, Honor resmi merilis ponsel layar lipat pertama mereka, Honor Magic V. Sesuai janjinya, Honor Magic V kini resmi menjadi ponsel layar lipat pertama yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 lho.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri merupakan chipset unggulan terbaru dari Qualcomm. Chipset tersebut telah digunakan oleh beberapa ponsel flagship, dan ponsel pertama yang menggunakannya adalah jajaran Xiaomi 12 Series.

Honor Magic V mungkin bukan ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Namun setidaknya, kini ia resmi memegang rekor sebagai ‘ponsel lipat pertama’ yang hadir dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Terlepas dari chipset yang dipakainya, bagaimana spesifikasi lain yang ditawarkan oleh Honor Magic V?

Honor Magic V mengadopsi desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Fold. Ponsel ini hadir dengan layar OLED berukuran 6,45 inci di bagian luar. Inilah yang membuatnya berbeda dengan ponsel layar lipat lain. Layar sekunder Honor Magic V benar-benar memiliki ukuran dan berfungsi layaknya smartphone pada umumnya, bukan cuma layar kecil dan sempit seperti di Samsung Galaxy Z Fold 3.

Perbandingan Layar Sekunder Honor Magic V (Kiri) dan Samsung Galaxy Z Fold 3 (Kanan)

Menariknya, layar sekunder Honor Magic V telah mendukung HDR10+ dan DCI-P3 100% color gamut yang bisa menghasilkan 1,07 miliar warna. Dengan refresh rate hingga 120Hz, ponsel ini akan memberikan pengalaman hiburan yang imersif dalam segala aktivitas.

Sementara di bagian dalamnya, ponsel ini menggunakan layar utama berukuran 7,9 inci. Jadi saat ponsel dibentangkan, sensasinya bakal seperti sedang memegang tablet. Layar ini mendukung refresh rate 90Hz, HDR10+ dengan kecerahan puncak mencapai 800 nits, dan ia adalah ponsel pertama di dunia yang bersertifikat IMAX Enhanced.

Layar Utama Honor Magic V

Bagaimana dengan kualitas kamera Honor Magic V? Ponsel ini hadir dengan triple-camera belakang yang terdiri dari 50MP (sensor utama setara 23mm) + 50MP (ultrawide setara 13mm) + 50MP (shooter spektrum warna). Ponsel ini juga memiliki kamera selfie 32MP yang ditempatkan di layar utama dan sekunder.

Dari segi penyimpanan, ponsel ini hadir dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB/512GB. Ia juga ditenagai oleh baterai 4.750mAh dengan fast-charging 66W. Ponsel ini sudah menggunakan skin Magic UI 6.0 berbasis Android 12.

Honor Magic V hadir dalam warna Titanium Silver, Black dan Burnt Orange. Model 12GB/256GB akan dibanderol $1.570 atau sekitar Rp, dan model 12GB/512GB dibanderol $10.999 atau sekitar Rp.

Honor Magic V akan dijual pertama kali di China pada 18 Januari 2021. Untuk peluncuran globalnya, menurut salah seorang juru bicara Honor, mereka belum punya rencana untuk menjual Honor Magic V ke luar China.

    %d blogger menyukai ini: