Inilah Mi MIX FOLD, Ponsel Lipat Pertama Dari Xiaomi

Setelah melalui bocoran dan teaser, Xiaomi akhirnya mengumumkan ponsel lipat pertama mereka, Mi MIX FOLD. Bagaimana ponsel ini akan bersaing di pasaran? Yuk kita lihat.

Seri Mi MIX memang biasanya menjadi lini smartphone yang agak bombastis dari Xiaomi. Misalnya ketika Xiaomi mencoba layar penuh dan memindah kamera di bagian bawah. Jadi tidak heran kalau mereka memasukkan ponsel lipat ke lini ini.

Mi MIX FOLD Tawarkan Spesifikasi dan Fitur Premium

Xiaomi mengumumkan Mi MIX FOLD ini di Cina, menyusul peluncuran seri lengkap Mi 11 Series. Secara keseluruhan bentuk ponsel ini mirip dengan Samsung Galaxy Fold, namun desain modul kameranya memang senada dengan jajaran ponsel Mi 11.

Di bagian luar, ada layar AMOLED 6,52 inci dengan rasio 27:9, yang mendukung refresh rate 90Hz dan touch sampling 120Hz. Saat dibuka, ponsel ini menunjukkan layar OLED 8.01 inci dengan resolusi WQHD+ dengan rasio 4:3. Layar ini pun mendukung Dolby Vision, HDR10+, dan DCI-P3 color gamut.

Tidak cuma layar ganda, Xiaomi juga melengkapi ponsel lipat pertamanya dengan empat speaker. Suaranya pun mendapat jaminan kualitas karena merupakan setelan dari Harman Kardon. Xiaomi menjanjikan kualitas suara panoramic surround dan 3D spatial sound.

Selain sisi visual dan suara, Xiaomi juga menawarkan pengalaman gaming dan produktivitas yang lebih leluasa dengan layar internal besar ini. Selain bidang pandang yang lebih luas, beberapa fungsi seperti drag n drop antar layar, jendela aplikasi paralel, mode desktop, dll akan lebih mudah kita lakukan.

Kamera dengan Lensa Liquid Pertama

Kamera smartphone selalu mendapat perhatian khusus ketika sebuah ponsel baru diumumkan. Xiaomi pun memperkenalkan hal baru di ponsel lipatnya ini.

Xiaomi Mi MIX FOLD menjadi ponsel pertama yang memakai prosesor Surge C1, keping pengolah hambar profesional pertama buatan Xiaomi. Prosesor ini akan memungkinkan gambar terlihat lebih akurat pada pemakaian auto focus, auto exposure, dan auto white balance. Dengankata lain, kamera ponsel jadi lebih pintar.

Selain itu, melalui Mi MIX FOLD juga menjadi ponsel pertama yang memakai teknologi lensa liquid. Teknologi ini disebut meniru mata manusia. Lengkungan lensa bisa berubah secara dinamis dan akurat, sehingga memungkinkan fitur foto seperti 3x zoom optik, sampai 30x telefoto, jarak foto makro sampai 3cm. Di samping itu, Xiaomi juga memberikan ponsel ini kamera 108MP dan kamera ultra-wide 108MP.

Sebagai ponsel premium, Mi MIX FOLD pun memiliki spesifikasi internal lain yang tinggi. Seperti chipset Snapdragon 888, RAM berjenis LPDDR , penyimpanan UFS 3.1, sistem pendingin butterfly-type, dan baterai 5020mAH baterai dengan fast charging 67W (ngebut bener).

Tersedia Dalam 2 Edisi

Xiaomi menyebutkan kalau ponsel lipat ini tersedia dalam dua edisi. Yang pertama adalah edisi Standar dengan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang dengan tekstur keramik. Yang kedua adalah Ceramic Special Edition, yang menampilkan bingkai tengah dan tombol volume berwarna emas, dengan bagian belakang terbuat dari keramik warna hitam dengan gravir laser khusus.

Untuk sementara ini, Xiaomi Mi MIX FOLD baru tersedia untuk wilayah Cina. Harganya adalah RMB 9.999 untuk varian 12GB+256GB, RMB 10.999 untuk varian 12GB+512GB, dan RMB 12.999 untuk varian 16GB+512GB.

Jadi sangat jelas kalau ponsel lipat pertama Xiaomi ini memang produk premium, sama seperti Samsung Galaxy Fold. Tentu karena masih terbatas di Cina, kita belum akan melihat hasil persaingan di antara keduanya secara langsung.

%d blogger menyukai ini: