Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Fitur Eksklusif Razer Edge 5G yang Tak Ada di Konsol Lain

razer edge 5g
Sumber: Razer
Indri Penulis

Razer Edge 5G akhirnya resmi rilis. Ini dia beberapa fitur seru Razer Edge 5G yang tidak akan kamu temukan di konsol genggam lainnya.

Razer telah lama digosipkan mengembangkan perangkat konsol genggam. Gosip tersebut sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2021. Rumor itu akhirnya terbukti, seiring munculnya pengumuman Razer yang bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan konsol genggam.

Pada bulan September 2022, konsol genggam Razer akhirnya mendapat kepastian. Dalam acara akbar Mobile Word Congress (MWC) 2022 yang digelar di Las Vegas, Razer resmi memperlihatkan penampakan konsol genggamnya dengan Qualcomm. Konsol tersebut mereka namakan dengan “Razer Edge 5G.”

Namun ada yang sedikit berbeda dengan konsol genggam Razer. Ternyata konsol genggam tersebut juga merupakan proyek kolaborasi Razer dan Qualcomm bersama Verizon. Dalam pengumumannya, konsol tersebut diluncurkan tanggal 15 Oktober di RazerCon.

Sesuai jadwal, akhirnya konsol genggam pertama Razer resmi meluncur. Konsol ini hadir dengan beberapa fitur eksklusif yang tidak dimiliki oleh perangkat serupa lainnya. Lalu apa saja fitur eksklusif yang dimiliki oleh konsol genggam pertama Razer? Yuk, mari kita lihat bersama!

Fitur Eksklusif Konsol Genggam Razer Edge 5G

Ditenagai Snapdragon G3x Gen 1

Razer Edge 5G adalah konsol genggam pertama di dunia yang ditenagai oleh chipset Snapdragon G3x Gen 1. Bukan cuma itu saja, ia juga merupakan ‘perangkat pertama di dunia’ yang menggunakan Snapdragon G3x Gen 1.

Sumber: Razer

Fyi, Snapdragon G3x Gen 1 adalah chipset besutan Qualcomm yang dirancang khusus untuk keperluan gaming. Dia adalah chipset gaming dengan fitur pendingin aktif dengan CPU Kryo 3GHz.

Chipset ini dirancang khusus untuk memainkan game Android pada framerate tinggi, selama sesi permainan yang lama. Sehingga sangat cocok untuk gamer yang hobi menghabiskan waktu hingga berjam-jam buat memainkan game favoritnya.

Baca Juga:  Valve Peringatkan Pengguna untuk Jangan Modifikasi SSD Steam Deck

Konsol Genggam 5G Pertama di Dunia

Masih ada fakta menarik lainnya tentang konsol genggam Edge 5G. Edge 5G debut sebagai konsol genggam 5G pertama di dunia. Walaupun sudah ada beberapa konsol genggam yang debut, namun belum ada satu pun yang mendukung 5G. So, bisa dibilang ini adalah gebrakan yang sangat menarik.

Oya, karena konsol genggam ini mendukung 5G, otomatis koneksi internet yang disajikan akan super ngebut. Tentunya hal ini akan menguntungkan gamer. Pasalnya dengan koneksi internet super ngebut, aktivitas gaming dijamin bakal lancar.

Dukungan Razer Kishi V2 Pro

Konsol genggam ini menawarkan 2 opsi gaming buat pemain. Pertama, pemain bisa memainkan game menggunakan layar sentuh layaknya di ponsel. Lalu yang kedua, gamer bisa memanfaatkan dukungan Razer Kishi V2 Pro untuk menikmati sensasi permainan khas konsol konvensional.

Sumber: Razer

Razer Kishi V2 Pro yang ada di konsol genggam ini dibekali beberapa fitur. Contohnya tombol microswitch, trigger analog, makro yang bisa diprogram, serta haptic Razer HyperSense untuk game AAA yang kompetitif.

Layar AMOLED 144HZ FHD+

Namanya aktivitas gaming, tentu butuh perangkat dengan grafis superior. Ini dia yang ditawarkan oleh konsol genggam Edge 5G.

Konsol ini hadir dengan layar AMOLED 144Hz, untuk refresh rate yang lebih halus. Tidak hanya itu, layar konsol juga sudah mendukung resolusi FHD+ untuk menciptakan kejernihan superior.

Didukung Aplikasi Razer Nexus

Razer Nexus adalah aplikasi eksklusif besutan Razer yang tidak ada di konsol genggam lainnya. Tapi apa itu Razer Nexus?

Razer Nexus adalah aplikasi yang berisi dasbor utama pengguna untuk game Android. Pengguna bisa meluncurkan game, menjelajahi rekomendasi game, mengambil foto/video gameplay, atau streaming game lewat Razer Nexus. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu kali klik.

Baca Juga:  Razer Kishi V2 – Kontroler Ponsel Terbaru dengan Razer Nexus App

Main dan Streaming Game ‘Dari Mana Saja’

Ada satu fitur yang nggak kalah menarik dari Edge 5G. Ternyata konsol genggam ini mendukung pengguna untuk memainkan game dari mana saja. Pengguna bisa langsung memainkan game Android dari Google Play. Atau bisa juga streaming game PC dan Xbox Console via Cloud.

razer edge 5g
Sumber: Razer

Dukungan ini akan memberikan kemudahan kepada pengguna. Pengguna jadi bisa lebih leluasa memainkan game yang mereka inginkan, kapanpun dan di manapun.

Itulah beberapa fitur ekslusif yang dimiliki Razer Edge 5G dan tidak ada di konsol genggam lain. Sayangnya konsol ini adalah produk hasil kerjasama Razer dan Qualcomm dengan Verizon. Jadi konsol ini hanya akan diluncurkan di wilayah tertentu (khususnya wilayah Amerika Serikat).

Sayang banget ya, padahal fitur-fitur yang ditawarkan Razer Edge 5G cukup menarik. Tapi kalau misalnya konsol ini masuk ke Indonesia, apa kamu berniat membelinya?