Kabar Huawei Akan Jual Bisnis Smartphone Honor Kembali Menguat

honor 30 pro

Lagi-lagi muncul berita kalau Huawei akan menjual bisnis smartphone Honor. Kali ini informasi tentang rencana penjualan itu semakin detil.

Sebelumnya, Ming-chi Kuo sudah memberi sedikit bocoran soal rencana Huawei tersebut. Analis handal itu menyebutnya sebagai “win-win solution” atas kondisi yang dihadapi oleh Huawei saat ini.

Honor, yang didirikan oleh Huawei di tahun 2013, memang berada di bawah payung Huawei. Namun selebihnya, bisnis smartphone Honor berjalan secara independen.

presentasi Honor di London
sumber gambar: The Verge

Berita susulan rencana penjualan Honor ini datang dari sumber yang didapat oleh Reuters. Informasi itu cukup jelas, karena menyebutkan calon pembeli dan nilau transaksinya.

Sumber dari Reuters itu menyebutkan bahwa Huawei sedang berada dalam tahap diskusi dengan Digital China Group Co Ltd, TCL, dan juga Xiaomi. Nama yang disebut terakhir ini jelas cukup mengejutkan, karena terhitung sebagai rival Huawei dan Honor.

Digital China sendiri sebenarnya merupakan perusahaan distributor untuk smartphone Honor. Perusahaan ini disebut sebagai yang berdiri paling depan dalam proses negosiasi tersebut.

Nilai transaksi yang disebut adalah sekitar 15 sampai 25 milyar Yuan. Aset yang menjadi obyek jual beli ini belum final. Namun disebutkan kalau aset itu termasuk merek Honor, riset dan pengembangan, juga bisnis manajemen rantai pasok terkait.

Sebelum ini, Huawei sempat membantah pernyataan Ming-chi Kuo tersebut. Sementara setelah Reuters menurunkan berita ini, semua pihak terkait β€” baik Huawei, Digital China, TCL, dan Xiaomi β€” belum memberi komentar apa pun.

%d blogger menyukai ini: