4 Cara Cerdas Hubungan Ponsel Android dan Perangkat Lain “Versi Google”

Menghubungkan ponsel Android dan perangkat lain sangat mudah. Apalagi kalau kamu pakai cara yang dibeberkan Google berikut ini.

Ponsel boleh diibaratkan sebagai ‘dunia masa kini.’ Sebab hampir segala informasi tentang dunia saat ini bisa kita akses lewat ponsel.

Bukan cuma itu, ponsel (khususnya ponsel Android) juga dapat menghubungkan kita dengan banyak perangkat seperti TV, laptop, mobil, hingga berbagai perangkat wearable (smartwatch dan pelacak kebugaran).

Sebenarnya selama ini sudah ada banyak cara buat menghubungkan ponsel Android dengan perangkat lain. Tapi beberapa cara yang ada saat ini dinilai masih kurang efisien.

Nah, baru-baru ini Google membeberkan 4 cara terbaru ‘yang lebih cerdas’ buat menghubungkan ponsel Android dan perangkat lain. Apa saja caranya?

Cara Hubungkan Ponsel Android dan Perangkat Lain

Nyalain TV Lebih Cepat

Ngomongin soal TV pasti nggak akan jauh dengan yang namanya remote. Nah, benda kecil ini nih yang suka bikin orang di rumah ‘marah-marah.’ Apalagi pas remote hilang dan nggak tahu siapa yang bawa.

Masalah umum tersebut kini bisa kamu atasi dengan cara kedua ini. Kini Google telah membangun fitur kendali jarak jauh langsung ke ponsel Android-mu. Dengan begitu kamu dapat menonton berbagai acara favorit di TV, tak peduli remote-mu ada atau hilang.

Satu lagi yang tak kalah keren. Kamu sekarang nggak perlu mengetik judul film lewat tombol remote. Ketik saja judul film incaranmu lewat keyboard ponsel. Mudah dan praktis kan?

Dukungan ini bakal diluncurkan akhir tahun ini. Remote kontrol bawaan pada ponsel Android bakal bekerja secara otomatis untuk lebih dari 80 juta perangkat OS Android TV.

Hubungkan Perangkat Bluetooth Dengan ‘Satu Ketukan’

Tahu kah kamu, kalau kamu bisa menghubungkan ponsel Android dengan perangkat lain lewat fitur “Fast Pair?” Fitur bisa membantumu mempercepat koneksi ponsel ke perangkat Bluetooth di sekitar hanya dengan satu ketukan lho.

Sampai artikel ini ditulis, fitur ini telah dipakai lebih dari 36 juta kali untuk menghubungkan ponsel Android ke berbagai aksesoris Bluetooth seperti Google, Microsoft, Sony, JBL, Philips, dll. Nantinya, fitur ini bakal diperluas ke lebih banyak perangkat seperti headphone Beats, serta mobil jenis Ford dan BMW.

Kunci Digital Mobil Via Ponsel

Kini, Android Auto telah tersedia buat lebih dari 100 juta mobil dan sebagian besar kendaraan baru dari merek GM, Ford, Honda, dll yang mendukung Android Auto nirkabel.

Agar lebih canggih, Google juga mengembangkan kunci mobil digital baru di Android 12. Dengan memakai teknologi Ultra Wireband (UWB), kamu nggak perlu mengeluarkan ponsel buat menjadikannya sebagai kunci mobil. Khusus buat mobil ber-NFC, cukup ketuk layar ponselmu dan kunci mobil bakal terbuka. Semua serba digital.

Sumber : Google

Akhir tahun ini, kunci mobil digital bakal tersedia di ponsel Pixel dan Samsung Galaxy tertentu. Google juga bakal menghadirkan dukungan ini ke calon mobil terbaru BMW.

Pindah Antara Ponsel Android dan Chromebook

Ponsel Android dan Chromebook memang telah lama ‘berkolaborasi.’ Contohnya dengan hadirnya dukungan Smart Lock dan Wi-Fi Syncronization.

Baru-baru ini, Google meluncurkan Phone Hub baru. Dengan hub ini, kamu dapat mengelola ponsel Android langsung via Chromebook (tak peduli di mana letak ponselmu).

Aktivitas yang bisa kamu lakukan antara lain menerima dan membalas pesan, mengecek masa pakai baterai dan sinyal ponsel, menyalakan hotspot, dll (sekilas cara kerjanya mirip aplikasi Your Phone di Windows 10).

Untuk fitur yang bakal datang, Phone Hub juga bakal memberikan akses ke foto yang baru-baru ini kamu jepret dari ponsel. Jadi pas kamu pengin mengedit gambar atau membagikannya ke medsos, kamu bisa langsung melakukannya lewat Chromebook.

%d blogger menyukai ini: