Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Google Rayakan Ibadah Puasa Bulan Ramadan 2022

Anom Penulis

Dalam rangka merayakan bulan suci Ramadan 2022, Google menghadirkan berbagai fitur unik sehingga kita yang melakukan ibadah puasa bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah.

Sudah bukan rahasia lagi kalau kita bisa mendapat berbagai informasi yang berguna dan praktis melalui pencarian Google. Begitu pun dengan bulan suci Ramadan. Bahkan tiap tahun Google memberikan sesuatu yang khusus ketika bulan suci ini tiba.

Hasil Pencarian Khusus

Jika kamu mencari dengan kata “Ramadan”, maka Google akan memberikan hasil pencarian khusus. Di sana kamu bisa melihat berbagai informasi misalnya kapan bulan Ramadan mulai.

Namun di samping itu, ada beberapa halaman khusus lain. Ada berita dari berbagai media (misalnya yang mengabarkan kalau Pemerintah menetapkan tanggal 3 April 2022 sebagai awal bulan Puasa) dan ucapan (biasanya berupa animasi GIF). Kamu juga akan menemukan koleksi lagu dan video Islami.

Permainan Mencari Bulan Sabit

Selain itu, Google juga memberikan mini game di sana. Jika kamu tekan gambar bulan sabit di pojok kanan, Google akan membawamu ke permainan itu. Kamu akan mencari di mana bulan sabit tersembunyi di gambar yang ada.

Bulan sabit yang tersembunyi akan berpindah jika kamu memuat ulang halaman tersebut. Begitu juga obyek lain yang juga tersembunyi di angkasa pada gambar tersebut.

Mewarnai Gambar Bertema Ramadan

Kemudian Google juga memenuhi sisi kreativitas dengan menghadirkan Buku Mewarnai Edisi Ramadan dan Idul Fitri. Buku mewarnai itu hadir melalui Google Arts & Culture.

Kamu bisa memilih salah satu gambar yang ada, kemudian berkreasi dengan mewarnainya. Meniru gambar asli boleh, sesuai kreativitasmu sendiri juga tidak masalah.

Mencari Arah Kiblat

Tentu, kamu juga bisa mencari arah Kiblat secara online lewat Google. Google memiliki aplikasi online Qibla Finder. Dengan aplikasi ini kamu bisa menemukan arah Kiblat dengan memanfaatkan teknologi AR (augmented reality) dan peta.

Baca Juga:  Google akan Hapus Halaman Google Search, Pengguna Bisa Scroll Hasil Pencarian Seperti TikTok

Yang perlu kamu lakukan hanya membuka aplikasi tersebut lewat browser, memberi ijin pemakaian kamera dan lokasi, kemudian mencari arah Kiblat. Akan ada garis panduan agar kamu mudah menemukannya. Ketika sudah, kamu pun akan mendapat pemberitahuan.

Nah, silakan coba fitur-fitur pencarian Google untuk bulan Ramadan 2022 di atas. Untuk yang menjalankannya, selamat menunaikan ibadah puasa ya.