Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat Dengan Mudah

3 Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat Dengan Mudah
Febri Penulis

Di era dunia serba digital ini ada cara menentukan arah kiblat online secara akurat dengan mudah hanya melalui HP/ponsel yang kita miliki saat ini.

Kemajuan teknologi tidak selamanya buruk, meskipun kita bisa dengan mudah menentukan arah kiblat hanya dengan melihat dari arah mana matahari terbenam.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Online untuk Menentukan Arah Kiblat Salat

Namun bagaimana jika saat kita berpergian jauh lalu di tengah jalan sudah kondisi malam atau siang. Karena kita sendiri tidak pernah tahu arah dan posisi matahari sedang ada di posisi mana dan keadaan tidak memungkinkan kita mencari musala atau langgar untuk salat.

Oleh karena itu kita perlu bantuan untuk menentukannya, tentu dengan bantuan smartphone atau ponsel milik kita pun bisa untuk menentukan arah kiblat salat. Selama devices yang kita gunakan terhubung dengan internet.

Mengetahui arah Kiblat adalah hal penting bagi seorang Muslim, karena berhubungan dengan salat. Untungnya ada bantuan dari Google untuk menentukan arah Kiblat online.

Ada kalanya ketika kamu berada di tempat yang cukup asing — misalnya dalam perjalanan — dan waktu salat tiba. Pertanyaan yang sering muncul tentu saja: “Di sini arah Kiblat ke mana ya?”.

Salah satu solusi paling mudah adalah menggunakan teknologi yang ada di handphone. Entah memakai aplikasi atau bertanya pada mbah Google. Nah, seperti yang sudah disebut di atas, Google memberi solusi untuk arah Kiblat online.

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat

1. Cara Menggunakan Qibla Finder sebagai pencari arah kiblat

Google membuat aplikasi web yang disebut Qibla Finder. Kamu bisa menggunakannya cukup bermodal browser. Jadi, semua handphone bisa mengaksesnya.

qibla finder samsung galaxy s9 plus
Qibla Finder di Samsung Galaxy S9+

Gambar di atas adalah tampilan halaman website Qibla Finder di Samsung Galaxy S9+.

Qibla Finder menggunakan formula haversine. Ia memakai lokasi Ka’bah dan lokasimu untuk menentukan rute langsung antara dua titik tersebut. Jadi seperti rute di Google Maps, tapi langsung.

Tentu saja, untuk bisa menggunakan panduan online ini, kamu harus mengaktifkan fitur lokasi (GPS) di handphone.

Baca Juga:  Browser Brave dan DuckDuck Go Tolak Google AMP

Qibla Finder juga memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Kalau handphone-mu mendukungnya, kamu bisa melihat dengan kamera handphone, dan bergerak sesuai panduan untuk mengikuti arah Kiblat.

Namun memang ada handphone yang belum mendukung fitur AR di Qibla Finder. Kalau handphone-mu belum mendukungnya, kamu akan melihatnya dalam bentuk peta biasa. Kamu harus memperkirakan sendiri posisimu terhadap peta.

qibla finder moto g5s plus
Qibla Finder di Moto G5s Plus

Gambar di atas adalah tampilan halaman website pencari arah kiblat salat dari Google yaitu Qibla Finder di Moto G5s Plus.

Lalu, ada lagi fitur menguntungkan yang ditawarkan Google.

Kalau setiap kali harus membuka browser dan membuka halaman situs, pasti merepotkan. Nah, Qibla Finder bisa bekerja offline (tidak pakai koneksi internet, hanya GPS), dan bisa kamu pasang di halaman Home handphone-mu.

Cukup tekan tombol Menu ︙ dan pilih ‘Tambahkan ke Layar Utama‘. Voila, Qibla Finder sudah hadir di handphone-mu seperti aplikasi lainnya (silakan baca artikel Memasang Website Di Home Screen Android). Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat mengetahui posisimu. Tinggal tunyul!

a. Buka alamat website Qibla Finder

Cara Menggunakan Qibla Finder sebagai pencari arah kiblat - Step 01

Saat kamu membuka Qibla Finder Google kamu akan melihat halaman pertama seperti gambar di atas > Pilih negara saat ini kamu berada, sebagai contoh sedang berada di Indonesia > Klik Ayo untuk melanjutkan.

Jika nanti Qibla Finder meminta izin untuk menggunakan kamera dan GPS, pilih aja Allow atau izinkan.

INFO
Alamat website Qibla Finder Google: qiblafinder.withgoogle.com

b. Ikuti arah kiblat yang ditunjukan sama Qibla Finder Google

Cara Menggunakan Qibla Finder sebagai pencari arah kiblat - Step 02

Saat kamu sudah masuk ke dalam Qibla Finder Google, kamu akan melihat sebuah garis biru dan ikon tanda lokasi serta ada ikon Ka’bah juga.

Ikon ini menunjukan lokasi Ka’bah berada dan titik lokasi kamu sedang berdiri, dengan mengikuti garis dan tanda ikon Ka’bah. Kamu bisa tahu posisi yang benar menghadapat ke kiblat dengan akurat dan tepat.

c. Kamu berhasil menemukan kiblat menggunakan ponsel

Cara Menggunakan Qibla Finder sebagai pencari arah kiblat - Step 03

Kamu sudah berhasil menemukan arah kiblat dengan benar menggunakan aplikasi Qibla Finder dari Google.

2. Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat dengan Google Maps

Jika sebelumnya kamu bisa mencari arah kiblat menggunakan aplikasi browser yang sudah dikembangkan oleh Google yaitu Qibla Finder.

Sebenarnya ada cara lain juga untuk menentukan arah kiblat di android atau ponsel, kamu bisa memanfaatkan fitu GPS yang ada pada Google Maps.

Bagaimana cara menentukan arah kiblat online melalui Google Maps? Lihat panduan lengkapnya berikut ini:

a. Buka Google Maps dan buat titik koordinat di dekat Ka’bah

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat dengan Google Maps - Step 1

Saat kamu membuka Gmaps, cari lokasi Ka’bah > Buat titik koordinat seperti yang terlihat di gambar > Lalu gulir kebawah bagian keterangan menu Pin dipasang.

b. Pilih menu Ukur Jarak

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat dengan Google Maps - Step 2

Saat kamu memilih menu Ukur jarak, maka Gmaps akan menampilkan titik baru yang bisa mengukur jarak antara titik satu ke titik lainnya.

Baca Juga:  Pelanggan Google Cloud akan Bisa Melacak Jejak Karbon Lewat Gmail

c. Arahkan titik kedua ke posisi saat kamu berada

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat dengan Google Maps - Step 3

Untuk cara cepat mengarahkan pointer ke lokasi atau titik kamu berada saat ini, kamu cukup tap saja ikon pointer yang ada di atas ikon (+).

Maka secara otomatis nanti GPS dari Google Maps akan membaca lokasi atatu titik kamu saat ini berada.

d. Kamu berhasil menentukan arah kiblat salat dengan menggunakan Gmaps (Google Maps)

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat dengan Google Maps - Step 3

Setelah kamu berhasil mengarahkan pointer kedua ke posisi kamu berada maka kamu akan melihat garis yang menunjukan langsung ke posisi di mana Ka’bah berada.

Untuk menentukan di mana arah Ka’bah berdasarkan informasi Google Maps di atas, kamu bisa lakukan hal berikut:

  • Pertama kamu bisa zoom-in peta Google Maps, lalu paskan arah dan posisi rumah atau titik kamu berada. Atau,
  • Cara kedua kamu bisa lihat ada cahaya biru di dekat titik posisi kamu berada ya kan? nah, cahaya biru itu menunjukan posisi GPS pada ponsel sedang mengarah ke mana. Coba kamu tidurkan telentang HP kamu lalu kamu putar searah jarum jam dan lihat posisinya hingga searah dengan garis yang menunjukan arah Ka’bah.

3. Menggunakan Aplikasi Kompas Arah Kiblat di HP

Menggunakan Aplikasi Kompas Arah Kiblat di HP

Cara ketiga untuk menentukan arah kiblat salat bisa menggunakan aplikasi kompas arah kiblat, aplikasi ini sudah diunduh oleh pengguna muslim sebanyak 10 juta lebih di platform PlayStore Android.

Untuk menggunakannya pun cukup sederhana, kamu instal saja aplikasinya lalu jalankan di smartphone/ponsel. Maka nanti kompasnya akan secara otomatis mengarahkan kamu ke arah kiblat yang benar dan akurat.

Tips Menentukan Arah Kiblat Salat Menggunakan HP

  • Kalibrasi terlebih dahulu sensor giroskop atau GPS smartphone kamu sebelum menerapkan 3 tutorial di atas.
  • Pastikan smartphone kamu memiliki sensor GPS yang akurat dan baik, karena posisi arah kiblat ditentukan dengan keakurasian dari GPS ponsel yang kamu gunakan.
  • Selalu cek ulang dan gunakan beberapa metode untuk memastikan kalau arah kiblat kamu sudah benar dan tidak ada kesalahan.

What’s Next

Kurang lebih seperti itu panduan lengkap cara menentukan arah kiblat online di HP tanpa perlu instal aplikasi tambahan apapun, tanpa ribet dan mudah untuk dilakukan siapa pun bahkan di HP merek apapun (Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, ASUS, ROG Phone, realme, POCO, dan lain-lain).

Jika kamu punya pertanyaan terkait arah kiblat salat, kamu bisa sampaikan di kolom komentar, nanti kita diskusikan bersama. Terima kasih.


Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar teknologi di Urbandigital. Kalau kamu tertarik dengan tulisan saya, kamu bisa baca-baca artikel berita teknologi seperti ini atau tutorial lainnya dari saya Febri.