Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Solusi Icon Wi-Fi Tidak Muncul di Menu Bar Waktu Aktivasi Mac

activate mac network
Anom Penulis

Ada satu masalah unik yang kadang muncul ketika kita mau melakukan aktivasi (Activate) Mac, yaitu ikon Wi-Fi tidak muncul di menu bar. Padahal ikon itu penting untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Nah, kali ini saya mau membahas solusinya.

Salah satu langkah yang perlu kamu lakukan ketika melakukan aktivasi Mac — seperti juga di sistem operasi modern lain — adalah menghubungkan perangkat ke jaringan internet. macOS akan meminta kamu memilih salah satu jaringan untuk bisa melakukannya.

popculture.id

Pilihan ini akan kamu lakukan lewat ikon Wi-Fi yang ada di menu bar. Jadi, wajar jika ada pengguna yang bingung ketika ikon Wi-Fi itu tidak ada.

Tentu, seperti panduan yang muncul di layar, kamu juga bisa melakukan koneksi lewat kabel. Tapi toh saat ini kita sudah terbiasa terhubung secara nirkabel. Tidak semua punya kabel jaringan seperti itu.

Lalu apa yang bisa kita lakukan jika ikon Wi-Fi tidak ada di menu bar ketika melakukan aktivasi Mac? Ada beberapa cara yang layak dicoba.

Catatan: Hal ini saya lakukan di laptop Macbook Pro 13 inci M1 dengan macOS Monterey.

Erase Mac

Walau menghubungkan perangkat ke internet masih termasuk tahap awal, kamu bisa mencoba mengulangnya lagi dari nol dengan menghapus Mac.

Cara menghapus Mac saat aktivasi:

  1. Klik ‘Recovery Assistant’.
  2. Pilih ‘Erase Mac’
  3. Beri konfirmasi jika diminta.

Cara ini termasuk yang paling mudah dan seharusnya proses tidak berjalan lama. Jika kamu beruntung, kamu akan melihat ikon Wi-Fi di menu bar lagi.

Startup Option

Trik ini cukup menarik sekaligus menjengkelkan, karena tidak hadir secara jelas. Tapi dalam beberapa kasus berhasil menyelesaikan masalah.

Cara memunculkan layar ‘Startup Option’:

  1. Klik logo Apple  di menu bar.
  2. Pilih ‘Shut Down’ untuk mematikan komputer Mac.
  3. Setelah mati, tekan dan tahan tombol ‘Power’ (Touch ID) sampai Mac menyala dan memunculkan ‘Loading Startup Option…’
  4. Kalau kamu menghapus Mac, maka akan muncul pilihan ‘Option’ dengan ikon setelan/pengaturan (⚙) di layar,
  5. Klik dan ikuti instruksi di sana.

Seharusnya, kamu sudah bisa melihat ikon Wi-Fi di menu bar dan bisa melanjutkan proses aktivasi Mac. Yah, seperti kamu lihat, tidak semua orang sadar jika memencet lama tombol ‘Power’ akan memberikan pilihan lain.

Nah, itulah cara memunculkan ikon Wi-Fi di menu bar ketika melakukan aktivasi Mac. Selain cara di atas, mungkin masih ada beberapa trik lain tergantung generasi perangkat atau macOS. Tapi siapa tahu cara ini juga berguna.

    %d blogger menyukai ini: