Update macOS Monterey Hadirkan Integrasi Mac dan iPad Lebih Mulus

macos monterey

Pada acara WWDC 2021, Apple mengumumkan update macOS Monterey untuk perangkat Mac dan menghadirkan berbagai fitur baru, termasuk integrasi dengan iPad yang lebih baik. Update ini akan segera hadir untuk perangkat Mac, seperti MacBook , Mac Mini, dan iMac.

Secara teknis, macOS Monterey merupakan versi 12 dari sistem operasi komputer Apple. Beberapa fitur baru di macOS Monterey meliputi Universal Control, AirPlay to mac, Focus di Safari, Spatial Audio dan SharePlay di FaceTime.

Memang, Craig Federighi menyebutkan kalau versi terbaru macOS ini memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas dan terhubung dengan orang terdekat dengan lebih baik.

Fitur Baru

Ada banyak fitur baru dan pembaruan fungsi yang hadir di Mac dari update macOS Monterey ini, Namun, di antara sekian banyak, ada beberapa fitur yang layak disebutkan. Beberapa fitur ini juga ada yang hadir di update iOS 15 dan iPadOS 15.

Sebagai browser utama, pembaruan Safari mendapat porsi penting. Bagian Tab dan kotak alamat di browser Safari mendapat desain baru yang lebih padat. Kini pengguna juga bisa mengelompokkan, mengatur, dan menyimpan grup Tab, yang akan disinkronkan di iPhone dan iPad.

macOS Monterey juga mendapatkan aplikasi Shortcut for Mac. Sama seperti di iOS, pengguna Mac kini bisa membuat dan mengatur berbagai tugas dengan lebih mudah.

Apple juga menambahkan fitur Focus, yang memungkinkan kita menyaring notifikasi. Jadi kita tidak akan terganggu dengan pemberitahuan yang tidak penting dan tidak berhubungan dengan aktivitas yang sedang berlangsing di desktop.

Aplikasi FaceTime mendapat pembaruan penting kali ini. Sama seperti di iOS dan di iPadOS, aplikasi video call milik Apple ini mendapat fitur Spatial Audio yang memberikan dimensi suara (misalnya suara datang dari arah jendela pembicara). Selain itu ada pula fitur SharePlay untuk nonton film atau mendengar musik bersama. Oya, kita juga kini bisa mengajak pengguna Windows dan Android memakai FaceTime.

Fitur menarik lain di macOS Monterey adalah Universal Control. Fitur ini memungkinkan kita menggunakan satu mouse dan keyboard antar perangkat Mac dan iPad. Kita bisa menggerakkan kursor atau memindah obyek dari Mac ke iPad (atau sebaliknya) dengan mudah.

Sedangkan fitur AirPlay to Mac meningkatkan fungsi mengirim dan berbagi dari iPhone dan iPad ke Mac dengan lebih baik. Mulai dari dokumen presentasi , foto liburan, sampai film dan game.

Rilis macOS Monterey di Mac

macOS Monterey sudah tersedia untuk pengembang yang menjadi anggota Apple Developer Program di developer.apple.com. Versi beta untuk publik akan mulai tersedia pada bulan depan di beta.apple.com. Sedangkan rilis resmi macOS Monterey akan berlangsung di musim gugur tahun 2021 sebagai update gratis.

Komputer Mac yang mendapat update macOS Monterey ini meliputi:

  • iMac akhir 2015 dan yang lebih baru
  • iMac Pro 2017 dan yang lebih baru
  • MacBook 2016 dan yang lebih baru
  • MacBook Air awal 2015 dan yang lebih baru
  • MacBook Pro awal 2015 dan yang lebih baru
  • Mac Mini akhir 2014 dan yang lebih baru
  • Mac Pro akhir 2013 dan yang lebih baru
update macos monterey di mac
%d blogger menyukai ini: