Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Smartphone realme Menghadirkan Iklan Seperti Xiaomi

screenshot oleh Frank Federik
Anom Penulis

Sebelum ini sudah terdengar kabar kalau realme berencana menghadirkan iklan di smartphone mereka. Kelihatannya hal ini sudah berjalan karena ada beberapa pengguna ponsel realme menyatakan kehadiran iklan di aplikasi sistem.

Sebelum ini, pengguna Xiaomi-lah yang dirundung iklan di smartphone mereka. Realme awalnya mencemooh hal itu. Namun ironisnya mereka pun ikut menampilkan iklan di dalam ponsel.

popculture.id

Keberadaan iklan ini memang cukup kontroversial. Lalu bisa juga sangat subyektif tergantung apakah pengguna merasa terganggu atau tidak dengan keberadaan iklan tersebut.

Di forum realme sendiri sudah ada beberapa diskusi mengenai keberadaan iklan ini. Baik di forum Indonesia maupun di luarnegeri seperti di India. Smartphone yang disebut adalah realme XT.

Kenapa Ada Iklan di Ponsel realme?

Yah, jawaban paling sederhana adalah untuk meraih pendapatan tambahan di samping dari penjualan produk. Namun di sisi lain ada argumen yang bisa kita pertimbangkan.

Iklan biasanya menjadi sumber pendapatan dari layanan yang tersedia gratis. Contoh paling mudah adalah layanan TV lokal atau berbagai blog di internet (termasuk kami).

Kita pun tahu kalau sebagian smartphone produksi Cina memiliki harga yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang boleh dibilang mumpuni. Dengan begitu kita boleh berasumsi kalau untung yang mereka dapat dari penjualan sebuah smartphone tidaklah sebesar merek ponsel premium (katakanlah iPhone).

CEO realme India Madhav Sheth memang pernah menyatakan demikian di sesi #AskMadhav. “We are continuously trying to make our products affordable for you guys.” Beliau juga menambahkan kalau porsi iklan mereka masih di bawah merek lain.

Menjalankan sebuah perusahaan produksi membutuhkan dana besar, baik untuk produksi itu sendiri, operasional, riset, dan lain-lain. Dari sisi ini, bisa kita lihat kalau memang dibutuhkan sebuah bentuk pendapatan lain, ketika untung tidak sebesar kompetitor.

Bagaimana Menghilangkan Iklan di Ponsel realme?

Di salah satu diskusi, moderator komunitas memberikan tips untuk menghilangkan iklan tersebut.

Caranya:

  1. Masuk ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Dapatkan Saran
  2. Matikan tuas ‘Terima saran apli dan konten di apli sistem seperti “Manajemen Unduhan”.’

Selain itu, di salah satu diskusi di forum realme India, ada pula yang menambahkan untuk meminimalisasi pelacakan iklan.

Caranya:

  1. Masuk ke Setting > Security > Privacy > Device ID & Ads > Limit Ad Tracking
  2. Aktifkan pilihan yang ada.

NAMUN, pengguna yang mengeluhkan kehadiran iklan ini menyebutkan kalau cara tersebut masih belum bisa menghapus iklan di smartphone realme mereka. Mereka juga sudah mencoba menggunakan DNS dari adguard dan CloudFlare, namun tetap tidak berhasil. Entah apakah mereka sudah mencoba Blokada.

Mungkin keberadaan iklan di ponsel dengan harga murah tapi spesifikasi mumpuni bisa kita sebut sebagai “new normal”.

    %d blogger menyukai ini: