India Larang Aplikasi Buatan Cina Termasuk TikTok dan Mobile Legends

Pemerintah India mengeluarkan larangan untuk berbagai aplikasi buatan Cina, termasuk di antaranya TikTok, UC Browser, dan game Mobile Legends. Total ada 59 aplikasi yang di-banned.

Dalam pemberitahuan yang dipublikasikan, Kementerian Teknologi Informasi India menyebutkan keprihatinan terhadap masalah keamanan data dan perlindungan privasi. Mereka menyatakan kalau menerima banyak keluhan dan laporan terkait data yang disalahgunakan dari berbagai aplikasi Android dan iOS.

Menindak lanjuti hal itu, Pemerintah India melarang pemakaian aplikasi tertentu, baik di perangkat bergerak maupun perangkat lain yang menggunakan internet.

Publikasi keputusan itu memang tidak menyebut Cina. Namun, bisa dilihat kalau aplikasi yang ada di dalam daftar memang berasal dari negara tersebut.

Seperti sudah disebut di atas, secara total ada 59 aplikasi (termasuk game) buatan Cina di dalam daftar larangan Pemerintah India tersebut. Beberapa aplikasi yang populer meliputi: TikTok, Mobile Legends, UC Browser, WeChat, Clash of Kings, ShareIt, Bigo Live, Hago Play, dll.

Secara umum, aplikasi buatan Cina memang sering dipandang rentan untuk masalah keamanan dan privasi. TikTok sendiri sering mendapat sorotan untuk hal ini.

Namun, di sisi lain, juga bukan rahasia kalau hubungan antara India dan Cina sedang memanas. Hal ini terjadi menyusul konflik yang terjadi di daerah perbatasan kedua negara selama dua bulan terakhir. Termasuk bentrokan antara tentara dari dua negara tersebut di danau Pangong Tso dan sungai Galwan.

Larangan ini cukuo menarik diperhatikan, karena warga India relatif bersandar pada produk Cina. Sebagian besar smartphone yang populer di sana merupakan produk Cina. Begitu juga aplikasi yang ada. Selain itu, perusahaan Cina juga sudah melakukan investasi di berbagai Start-up India, seperti PayTM, Oyo, Zomato, dll.

%d blogger menyukai ini: